Ingin Punya Butik Sendiri, Mahasiswa Unmer Ikuti Program AWMM UB

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

28 Agustus 2023 06:31 28 Agt 2023 06:31

Thumbnail Ingin Punya Butik Sendiri, Mahasiswa Unmer Ikuti Program AWMM UB Watermark Ketik
Pritha Ayu Azzahra, mahasiswa Universitas Merdeka yang ikut program AWMM UB. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Program Akademi Wirausaha Mahasiswa Merdeka (AWMM) Universitas Brawijaya (UB) berhasil menarik minat 400 mahasiswa dari 46 perguruan tinggi. Salah satunya Pritha Ayu Azzahra, mahasiswa Administrasi Bisnis Universitas Merdeka (Unmer) Malang.

Pritha mengaku ikut program tersebut untuk mengembangkan ide bisnis di bidang konveksi yang telah ia rencanakan. Mahasiswa semester lima tersebut bercita-cita dapat mendirikan sebuah butik miliknya sendiri.

"Rencananya saya ingin mengembangkan di bidang konveksi. Ini ada temanya yang menerapkan nilai lingkungan. Jadi saya ingin mendirikan butik," ujarnya usai pembukaan program AWMM di UB pada Senin (28/8/2023).

Ide bisnis tersebut dilatarbelakangi oleh pendidikannya saat duduk di bangku SMK. Dulu ia mengambil jurusan tata busana dan berencana untuk mengembangkan keterampilannya tersebut. 

Pritha menginginkan butiknya dapat sesuai dengan minat pasar. Untuk itu ia berencana merancang pakaian yang dapat dikenakan untuk acara formal maupun acara santai.

"Ada kombinasi batik, kebaya gitu tapi bisa dipakai di acara formal maupun acara santai. Saya kompetensinya menjahit karena dulu di SMK ambil jurusan tata busana," ungkapnya.

Ia berharap melalui program AWMM, ide-ide dan usahanya nanti dapat terwujud dan berkembang dengan baik.

"Target setelah ikut ini ya saya inginnya mengembangkan usaha supaya bisa terwujud. Selama ini masih dalam ide dan nanti programnya dikasih tahu cara mengembangkan bisnis seperti apa," imbuhnya.

Foto Pembukaan sekaligus penyematan tanda peserta AWMM yang digelar oleh UB. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)Pembukaan sekaligus penyematan tanda peserta AWMM yang digelar oleh UB. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

Unti Ludigdo selaku Wakil Rektor (WR) V Universitas Brawijaya menjelaskan, program AWMM diharapkan dapat memberi kontribusi besar bagi bangsa Indonesia. Khususnya peluang usaha yang tercipta berkat usaha yang dikembangkan oleh mahasiswa.

"Kami berharap betul-betul tercanangkan dan ada tekad kuat untuk jadi wirausaha yang memberi kontribusi besar untuk kemajuan bangsa kita. Saya tekankan bahwa keberadaan wirausaha menjadi keniscayaan bagi suatu bangsa untuk maju. Ini tantangan bagi kita untuk menjadi pemimpin ekonomi dunia," jelas Unti.

Terlebih, saat ini UB tengah masif membangun ekosistem wirausaha melalui penguatan inovasi. Bergabungnya 46 perguruan tinggi pada program AWMM menambah semangat untuk berkontribusi terhadap pembangunan di Indonesia.

"Kegiatan ini selaras dengan apa yang kami bangun di UB yaitu ekosistem riset, inovasi dan kewirausahaan. Kami menargetkan banyak mahasiswa kelak yang berwirausaha. Lewat AWMM yang diprogramkan oleh Kemendikbudristek dalam kerangka Kampus Merdeka, kegiatan ini akan kita dorong dan kembangkan," paparnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

AWMM Akademisi Wirausaha Mahasiswa Merdeka Universitas Brawijaya Universitas Merdeka