Ini 5 Pemicu Kenaikan Berat Badan saat Ramadan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

13 Maret 2024 01:15 13 Mar 2024 01:15

Thumbnail Ini 5 Pemicu Kenaikan Berat Badan saat Ramadan Watermark Ketik
Ilustrasi meninbang berat badan. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Memasuki bulan Ramadan bagi sebagian orang merupakan momentum yang pas untuk menurunkan berat badan.

Akan tetapi justru banyak orang yang malah mengalami kenaikan berat badan saat menjalani puasa di bulan Ramadan.

Hal ini tentu berkaitan dengan pola makan yang salah saat bulan Ramadan. Masih banyak orang yang makan berlebihan saat berbuka puasa dengan dalih sebagai pelampiasan setelah seharian penuh menahan lapar dan haus.

Selain itu juga ada beberapa kebiasaan lain yang bisa memicu kenaikan berat badan saat Ramadan. Adapun kebiasaan tersebut antaranya sebagai berikut.

1. Tidur setelah makan

Setelah menyantap banyak makanan saat berbuka puasa banyak orang merasa ngantuk dan memilih untuk tidur sebentar. Hal ini tentu saja merupakan kebiasaan buruk, dikarenakan tidur setelah makan dapat mengganggu proses pencernaan.

Selain itu, hal ini juga memperlambat metabolisme yang menyebabkan penumpukan lemak dan menambah berat badan. 

2. Kurang memperhatikan nutrisi makanan

Saat berbuka puasa banyak orang cenderung mengkonsumsi makanan yang tinggi kandungan lemak, gula dan berkalori tinggi. Hal ini tentu saja dapat memicu kenaikan berat badan.

3. Kurang beraktivitas

Sebagian besar waktu selama bulan Ramadan dihabiskan untuk beribadah dan istirahat. hal ini tentu saja bisa membuat terjadinya aktivitas pembakaran kalori. Oleh sebab itu usahakan tetap bergerak aktif saat berpuasa agar pembakaran kalori berjalan optimal.

4. Kurang tidur 

Saat bulan Ramadan banyak orang merasa jam tidurnya berkurang, hal ini karena kita harus bangun dini hari untuk melakukan sahur.

Kurang tidur akan mempengaruhi hormon yang mengatur nafsu makan sehingga meningkatkan nafsu makan yang memicu peningkatan berat badan.

5. Mengkonsumsi minuman bersoda

Minuman bersoda mengandung banyak gula. Hal ini tentu saja akan memicu kenaikan berat badan. Selain itu kebanyakan konsumsi gula akan memicu penyakit lain yang tak kalah mematikan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Ramadan kesehatan berat badan Kenaikan nutrisi pemcernaan Metabolisme