Inilah Hal Negatif yang Terjadi saat Anak Kurang Tidur

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

5 Juni 2023 20:21 5 Jun 2023 20:21

Thumbnail Inilah Hal Negatif yang Terjadi saat Anak Kurang Tidur Watermark Ketik
Ilustrasi. (Foto: Andrea/Pexels)

KETIK, JAKARTA – Tidur merupakan aktivitas yang penting bagi manusia. Dengan tidur tubuh akan beristirahat untuk mengisi tenaga dan memperbaiki sel sel yang rusak. Tidak hanya orang dewasa, tidur bagi anak anak sangat penting untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Bahkan menurut sebuah studi, anak anak di bawah lima tahun memerlukan waktu tidur yang cukup untuk mendukung perkembangan otaknya. Jika sampai kekurangan tidur akan berakibat buruk bagi perkembangan anak.

Berikut ini adalah beberapa bahaya yang mengintai anak jika mengalami kurang tidur.

 

1. Sulit Berkonsentrasi

Kurangnya jam tidur pada anak akan menyebabkan kurang konsentrasi. Hal ini tentu sangat mengganggu proses belajarnya. Saat kurang konsentrasi anak menjadi tidak fokus, hal ini tentu saja akan menurunkan prestasi akademiknya.

2. Gangguan Mood

Seperti yang kita tau jika kualitas tidur akan mempengaruhi mood kita sepanjang hari. Hal ini juga berlaku bagi anak anak. Saat mengalami gangguan mood anak akan menjadi rewel, mudah marah dan tidak aktif.

3. Melemahnya Sistem Imun

Seperti yang dijelaskan di atas jika tidur berguna untuk memperbaiki sel sel tubuh yang rusak. Hal ini berhubungan erat dengan sistem imun, oleh sebab itu anak yang kurang tidur sistem imunnya cenderung melemah. Sehingga mudah terserang penyakit.

4. Mengganggu proses pertumbuhan

Ketika tidur, kelenjar di otak anak memproduksi hormon pertumbuhan. Hormon ini memiliki peran yang sangat besar dalam pertumbuhan anak. Anak yang kurang tidur akan mengalami pertumbuhan yang kurang optimal, sehingga tinggi badannya cenderung lebih pendek.(*)

Tombol Google News

Tags:

balita Anak anak Tumbuh Kembang kurang tidur orang tua