Jadi Tuan Rumah, Unair Siap Sukseskan ASEAN University Games 2024

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

20 Juni 2024 04:35 20 Jun 2024 04:35

Thumbnail Jadi Tuan Rumah, Unair Siap Sukseskan ASEAN University Games 2024 Watermark Ketik
Direktur Kemahasiswaan Unair Prof Dr M Hadi Subhan SH MH CN. (Foto: Humas Unair)

KETIK, SURABAYA – Universitas Airlangga (Unair) bakal menjadi tuan rumah dari pagelaran kompetisi olahraga akbar untuk mahasiswa se-Asia Tenggara pada 25 Juni hingga 6 Juli mendatang.

Direktur Kemahasiswaan Unair Prof Dr M Hadi Subhan SH MH CN menyatakan kesiapannya dalam mendukung kesuksesan ASEAN University Games (AUG) 2024.

“Alhamdulillah, kami sudah menyiapkan sarana dan prasarana secara koordinatif dengan kepanitiaan nasional,” tutur Prof Hadi dikutip pada Kamis (20/6/2024).

Hadi menjelaskan bahwa Unair baru pertama kali menjadi tuan rumah. Untuk itu segala persiapan telah Unair lakukan selama hampir satu tahun.

Unair juga telah melakukan koordinasi dengan instansi lain yang terlibat dalam gelaran akbar ini.

“Unair ditugaskan kementerian sebagai salah satu host AUG khususnya untuk cabor judo dan basket 3x3. Persiapannya sudah lama, sudah hampir setahun,” jelas Prof Hadi.

Negara yang mengikuti AUG 2024 kali ini merupakan negara-negara yang berada di bawah ASEAN University Sport Council (AUSC). Seperti halnya Indonesia, Thailand, Myanmar, Singapura, Filipina, Malaysia, Kamboja, Laos, Vietnam, Brunei, dan Timor Leste.

Hadi menjelaskan nantinya Unair akan akan menjamu enam negara yang akan berlaga pada cabang olahraga (cabor) judo dan basket 3x3. Kedua cabor ini masing-masing dilaksanakan di Airlangga Convention Center (ACC) dan Gedung Olahraga (GOR), Kampus MERR-C Unair.

“Ini menjadi kegiatan internasional karena melibatkan beberapa negara di Asia Tenggara. Dua cabang ini nantinya akan diikuti oleh enam negara,” terangnya.

Adanya gelaran AUG di Unair ini, Hadi berharap Unair tidak hanya berdiri atas nama perguruan tinggi, melainkan atas nama Indonesia.

“Di sini, kita membawa nama baik Indonesia, tidak hanya Unair. Untuk itu, kita akan bersungguh-sungguh dan berharap kegiatannya akan berjalan lancar. Sejauh ini sudah secara maksimal dan tidak ada kendala berarti selama persiapan AUG,” pungkasnya.

Unair sebagai tuan rumah di pagelaran AUG 2024 kali ini juga digelar di beberapa Universitas di Surabaya dan Malang yaitu Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Universitas Surabaya (Ubaya), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Surabaya.

Sementara itu, di Malang, AUG akan berlangsung di Universitas Islam Malang (UNISMA), Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). (*)

Tombol Google News

Tags:

Unair Unair tuan rumah ASEAN University Games AUG 2024 ASEAN kompetisi olahraga ASEAN persiapan Unair Universitas Airlangga