Jangan Cemas, Berikut Cara Mengatasi Darah Tinggi Tanpa Obat

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

12 Maret 2024 08:04 12 Mar 2024 08:04

Thumbnail Jangan Cemas, Berikut Cara Mengatasi Darah Tinggi Tanpa Obat Watermark Ketik
Ilustrasi aliran darah. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Darah tinggi merupakan salah satu kondisi kesehatan yang cukup berbahaya jika tidak ditangani dengan cepat. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol akan memicu resiko stroke dan darah tinggi. 

Hingga saat ini tekanan darah tinggi diderita sekitar 1 miliar orang di seluruh dunia. Akan tetapi bukan berarti darah tinggi tidak dapat diatasi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi darah tinggi tanpa bantuan obat. 

Dikutip dari Medical News Today berikut ini adalah beberapa yang bisa dilakukan untuk mengatasi darah tinggi.

 

1. Rutin Berolahraga

Hal pertama yang bisa dilakukan adalah rutin berolahraga. Olahraga dapat memperlancar sirkulasi darah sehingga tekanan darah di arteri akan turun. Tidak perlu olahraga yang berat, cukup dengan berjalan kaki selama 30 menit dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung.

2. Kurangi Asupan Garam

Seperti yang kita tahu jika asupan garam yang berlebih dapat meningkatkan tekanan darah. Salah satu makanan yang memiliki kandungan garam yang tinggi contohnya adalah makanan cepat saji.

Banyak penelitian yang mengaitkan asupan garam tinggi dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung, termasuk stroke. Oleh sebab itu segera kontrol konsumsi garam anda untuk mengontrol tekanan darah.

3. Perbanyak Asupan Kalium

Kalium merupakan salah satu mineral penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengurangi tekanan pembuluh darah. Selain itu Kalium juga memiliki fungsi untuk mengurangi kadar kalium dalam tubuh.

Untuk mendapatkan keseimbangan potasium dan natrium yang lebih baik dalam makanan Anda, fokuslah untuk memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung kalium seperti bayam, tomat, jeruk, alpukat, susu, yogurt dan masih banyak lagi.

4. Hindari Kafein

Mungkin sudah banyak orang yang tau jika konsumsi kafein bisa menyebabkan kenaikan tekanan darah. Oleh sebab itu untuk menurunkan tekanan darah hindari mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh.

Kafein dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah dalam jangka pendek. Jika Anda merasa sensitif terhadap efek kafein, pikirkann untuk menguranginya untuk melihat apakah kafein dapat menurunkan tekanan darah Anda.

5. Konsumsi Coklat

Dibalik rasanya yang enak, rupanya coklat menyimpan banyak manfaat. Coklat hitam dan bubuk coklat kaya akan flavonoid, yaitu senyawa tumbuhan yang menyebabkan pembuluh darah melebar. Dengan pembuluh darah yang lebar tentunya dapat mengurangi tekanan darah tinggi.

Untuk mendapatkan manfaat maksimalnya konsumsi bubuk coklat non-alkalasi tanpa tambahan gula. Kandungan tersebut terbukti dapat mengendurkan pembuluh darah.(*)

Tags:

darah tinggi tekanan darah Olahraga tanpa obat kalium coklat