Jangan Diremehkan! Bau Badan Seperti Ini Bisa Picu Kanker

Jurnalis: Arief
Editor: M. Rifat

6 Juni 2023 17:10 6 Jun 2023 17:10

Thumbnail Jangan Diremehkan! Bau Badan Seperti Ini Bisa Picu Kanker Watermark Ketik
Bau badan yang konstan diduga bisa memicu kanker. (Foto: Midlands Derm)

KETIK, JAKARTA – Pelajari lebih seksama bila tiba-tiba teman menjauh saat mencium aroma badan Anda. Padahal mandi dan mengenakan parfum sudah dilakukan, tetapi bau anggota tubuh masih juga tembus.

Masalah bau badan dari ujung kaki hingga ujung rambut diduga ada kaitannya dengan kanker. Bila tanda-tanda ini muncul, ada baiknya memeriksakan ke dokter.

Seperti disampaikan pendiri LabFinder, Robert Segal menduga dalam tubuh Anda kekurangan magnesium. Pemicunya macam-macam. Bisa karena kelebihan konsumsi gula, kafein, atau makanan olahan, yang bisa mereduksi magnesium dalam tubuh.

“Mineral magnesium membantu menghilangkan bau organ dalam, dan membantu mengatasi bau badan,” kata ahli Robert Segal, dikutip dari The Health.

Beberapa tanda bau tubuh dengan kanker diungkap beberapa ahli medis. Berikut tanda-tandanya:

Nafas Bau Telur Busuk

Anda sudah menyikat gigi dan mengunyah permen karet mint, tapi bau mulut masih tidak sedap. Robert Segal menganalisa ada kaitan dengan infeksi bakteri. Dugaan sementara bakteri bernama H. pylori yang tinggal di sistem pencernaan.

Bakteri juga bisa menyebabkan GERD, penyakit celiac, sakit maag, dan kemungkinan kanker lambung. Ada baiknya segera memeriksakan ke dokter.

Nafas Bau Apel Busuk

Journal of International Society of Preventative and Community Dentistry menduga napas bau apel busuk ada hubungannya dengan diabetes. Anda dianjurkan memeriksakan ke dokter bila ada tanda-tanda ini muncul.

Hidung Bau

Apakah Anda bisa mencium bau hidung? Kathleen R. McDonald dari Houston Ear, Nose, Throat & Allergy Clinic, menjelaskan ada hubungan antara rongga mulut dengan sinus dan tenggorokan.

“Bau hidung memunculkan bau kurang sedang, bisa dikarenakan berbagai kondisi kesehatan. Misalnya postnasal drip, amandel, gigi yang membusuk, infeksi sinus, dan polip hidung,” McDonald menjelaskan.

Bau Telinga Menyengat

Kotoran telinga bisa memunculkan bau menyengat. McDonald menganalisa ada infeksi atau bulu rambut yang tumbuh ke dalam kulit. Apabila terjadi iritasi atau infeksi pecah, bisa menimbulkan bau busuk. Ia menyarankan agar segera memeriksan diri ke dokter.

Foto Kaki yang berkeringat terus menerus diduga ada kaitannya dengan hiperhidrosis. (Foto: Fealth Mark Foot and Ankle)Kaki yang berkeringat terus menerus diduga ada kaitannya dengan hiperhidrosis. (Foto: Fealth Mark Foot and Ankle)

Kaki Berbau

Menurut American Podiatric Medical Association keringat berlebihan pada kaki sepanjang hari bisa menjadi kondisi langka yang disebut hyperhidrosis. Hiperhidrosis dapat menurunkan kualitas hidup penderita yang diakibatkan rasa cemas dan malu.

Ada dua jenis hiperhidrosis, yakni primer dan sekunder. Untuk hiperhidrosis primer belum diketahui penyebabnya, sedangkan sekunder dikarenakan kondisi medis tertentu. Misalnya penggunaan obat-obatan tertentu, diabetes, menopause, kadar gula darah rendah, hipertiroid, serangan jantung, infeksi, kanker, tuberkulosis, parkinson, dan stroke.

Jika kaki selalu berkeringat, sementara kaus kaki tidak dapat membantu sepanjang hari, hubungi ahli penyakit kaki untuk mendapatkan bantuan dalam mengatasi gejalanya.

Bila Anda mengalami tanda-tanda di atas, ada baiknya segera memeriksan diri ke dokter.(*)

Tombol Google News

Tags:

bau kaki bau badan kanker keshatan telinga kesehatan mulut gigi dan mulut