Jangan Keliru, Ini Ciri-ciri Ikan Masih Segar

Jurnalis: Arief
Editor: Marno

26 Mei 2023 19:03 26 Mei 2023 19:03

Thumbnail Jangan Keliru, Ini Ciri-ciri Ikan Masih Segar Watermark Ketik
Daging ikan yang masih segar tidak amis. (Foto: Dailymail.)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah RI terus mendorong masyarakat untuk mengonsumsi ikan. Sebab kandungan protein dan lemak tak jenuh cukup bagus untuk kesehatan. Terlebih kandungan omega-3 pada ikan lebih tinggi dibanding sumber protein dari daging sapi atau ayam.

Tetapi tidak semua ikan memiliki protein tinggi. Kondisi ini bisa karena disimpan terlalu lama, terutama pada ikan laut. Ada beberapa tips yang perlu diketahui untuk memmilih ikan laut yang masih segar di pasar.

Warnah Cerah

Jangan memilih ikan yang warnanya sudah kusam, karena biasanya sudah terlalu lama disimpan. Ikan yang kulitnya masih cerah dan mengkilap menandakan berkualitas tinggi dan belum lama ditangkap.

Tidak Amis

Ikan yang masih segar tidak menusuk indera penciuman. Terutama ikan laut, tidak tercium aroma amis. Sebaliknya, ikan yang sudah amis, alangkah baiknya tidak dibeli. Selanjutnya ikan bisa disimpan di freezer sebelum diolah.

Mulut Tertutup

Parhatikan ikan yang dipajang di atas meja es atau di meja yang ada di pasar tardisional. Bila mulut ikan terbuka, sebaiknya tidak dibeli. Ikan yang mulutnya terbuka lebar menandakan sudah disimpan terlalu lama dan tidak layak dikonsumsi.

Foto Ikan laut tangkap langsung dimasukkan ke dalam freezer agar tetap segar. (Foto: NOAA Fisheris)Ikan laut tangkap langsung dimasukkan ke dalam freezer agar tetap segar. (Foto: NOAA Fisheris)

Tetapi tidak bisa menjadi patokan ketika ikan dijual dalam posisi tergantung, dengan mulut yang terikat. Untuk mendeteksi kondisi ikan seperti ini jauh lebih sulit dibanding di supermarket atau pasar modern.

Insang Berwarna Merah

Ciri-ciri lain ikan yang masih segar adalah insangnya berwarna merah, meskipun sisik ikan mayoritas putih atau warna lain. Semakin merah tajam, menandakan ikan tersebut layan untuk dikonsumsi.

Selain itu, insang yang merah ditutupi lender jernih dan teksturnya masih basah. Di luar ciri-ciri tersebut menggambarkan ikan tidak terlihat sehat.

Dagingnya Elastis

Pembeli yang jeli biasanya akan menekan perut ikan. Langkah ini untuk mengetahui apakah daging ikan masih elastis atau sudah kendur. Bila dagingnya masih elastis, menandakan ikan tersebut masih segar dan layak konsumsi.

Biasanya daging yang elastis juga dibarengi dengan daging yang masih berwarna putih terang atau merah muda. Tergangung pada jenis ikan.

Selamat berbelanja.

Tags:

ikan segar ikan sehat omega 3 ikan laut