Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Buah Rambutan

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

30 Desember 2023 18:06 30 Des 2023 18:06

Thumbnail Jarang Diketahui, Inilah Manfaat Buah Rambutan Watermark Ketik
Buah Rambutan. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Siapa yang tidak kenal dengan buah rambutan. Buah yang memiliki ciri khas dengan kulitnya yang berambut ini dikenal memiliki rasa yang manis. Rambutan yang memiliki nama latin Nephelium lappaceum ini merupakan buah tropis yang mudah dijumpai di Asia Tenggara, khususnya Indonesia dan Malaysia.

Buah rambutan dikenal memiliki beragam nutrisi penting bagi tubuh. Perlu diketahui bahwa rambutan kaya serat, vitamin, dan mineral. Setiap 100 gram daging buah rambutan mengandung 1,4 gram serat.

Serat ini sangat baik untuk kesehatan pencernaan, selain itu rambutan juga memiliki senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Berikut ini kita ulas beragam manfaat buah rambutan bagi kesehatan.

1. Menurunkan Resiko Diabetes

Sebuah penelitian di China membuktikan kandungan fenolik buah rambutan mampu menurunkan kadar glukosa, sehingga dapat mengatur gula darah. Dengan adanya kandungan ini buah rambutan dipercaya dapat mengurangi resiko penyakit diabetes.

2. Mencegah Kanker

Seperti yang disebutkan sebelumnya jika buah rambutan kaya akan antioksidan. Kandungan antioksidan dapat mencegah masuknya radikal bebas ke dalam tubuh. Selain itu antioksidan juga dapat membantu mencegah penuaan dini hingga kanker.

3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Siapa yang sangka jika buah rambutan memiliki kandungan zat fosfor dan potasium yang berperan penting untuk kesehatan tulang. Tidak kalah dengan susu kandungan zat tersebut dapat menguatkan tulang dan mencegah osteporosis.

4. Mengurangi Resiko Batu Ginjal

Buah ini mengandung mineral cukup tinggi guna mencegah terjadinya gumpalan kristal mineral yang disebut batu ginjal. Oleh sebab itu rambutan adalah satu di antara buah-buahan yang mampu mencegah penyakit ginjal. 

Rambutan juga mengandung fosfor untuk menyaring racun dalam tubuh. Selain itu, kalium dalam rambutan juga turut mengurangi risiko batu ginjal.

5. Menyehatkan Jantung

Kandungan vitamin C yang tinggi pada buah rambutan dipercaya mampu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Vitamin C berperan memperbaiki dinding pembuluh darah dan menurunkan risiko penyakit serangan jantung.(*)

Tombol Google News

Tags:

kesehatan buah rambutan Antioksidan diabetes penyakit jantung  Vitamin C