Jelang Pelantikan KPPS, KPU Kota Batu Gelar TOT PPK dan PPS

Jurnalis: Sholeh
Editor: Gumilang

23 Januari 2024 20:50 23 Jan 2024 20:50

Thumbnail Jelang Pelantikan KPPS, KPU Kota Batu Gelar TOT PPK dan PPS Watermark Ketik
Marlina Anggota KPU Kota Batu Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM,, menyampaikan materi dalam TOT PPK dan PPS se-Kota Batu, di sebuah hotel di Kota Batu, Selasa (23/1/2024). (Foto: KPU Kota Batu)

KETIK, BATU – KPU Kota Batu menyelenggarakan Training of Trainers (TOT) kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) se-Kota Batu, Selasa (23/1/2024).

Ketua KPU, Heru Joko Purwanto mengatakan bahwa kegiatan TOT itu sebagai ajang persiapan dan internalisasi pemahaman kepada seluruh badan Ad-hoc.

TOT itu juga untuk mematangkan persiapan pelantikan 4.277 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Kota Batu Kamis (25/1/2024) mendatang.

"Selain pelantikan, PPS di 24 desa atau kelurahan juga akan memberikan bimbingan teknis (bimtek) terkait pelaksanaan tugas KPPS di TPS pada hari pemungutan suara. Oleh karena itu PPS.nanti dituntut sudah harus bisa menyampaikan hasil TOT kepada KPPS,” ujar Heru Joko Purwanto.

Heru menegaskan, bimtek yang dilakukan PPS pada 25 Januari nanti tidak mungkin bisa menuntaskan internalisasi pemahaman kepada KPPS. Oleh karena itu, perlu strategi pendalaman materi melalui forum yang berkelanjutan.

“Nanti (silakan) diformulasikan (strategi internalisasi) karena tidak mungkin dalam satu hari selesai. Kita akan lanjutkan dengan pendalaman-pendalaman, nggak usah banyak-banyak, dikelompokkan melalui PPS. Itu salah satu formulasinya,” tegasnya.

Sementara, Marlina, Anggota KPU Divisi sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat dan SDM menguraikan, Kegiatan TOT tersebut dibagi dalam empat sesi materi.

Yaitu, pertama, penyampaian Modul Pelatihan Pengantar, Harapan, dan Komitmen Belajar. Kedua, Tata Kerja, Kode Etik, dan Kode Perilaku. Ketiga, Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara.

"Serta yang keempat adalah Evaluasi dan Rencana Tindak Lanjut," tambahnya. Dalam kesempatan tersebut, Marlina juga berpesan agar setiap anggota PPK dan PPS menjaga integritas masing-masing.

Hal itu demi terhindar dari pelanggaran kode etik sebagai penyelenggara pemilu. "Tentu, dalam hal persiapan ini, teman-teman khususnya PPS harus memahami tata kerja KPPS,” tegasnya. (*)

 

Tags:

Kota Batu KPU Kota Batu TOT PPS PPK