Jelang Ramadan, Pemkot Gorontalo Akan Gelar Pasar Murah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

29 Februari 2024 19:39 29 Feb 2024 19:39

Thumbnail Jelang Ramadan, Pemkot Gorontalo Akan Gelar Pasar Murah Watermark Ketik
Sekda Gorontalo saat mengunjungi gudang bulog untuk persiapan pasar murah. (Foto: Pemkot Gorontalo)

KETIK, GORONTALO – Pemerintah Kota Gorontalo berencana menggelar pasar murah menjelang Ramadan. Agenda tersebut dilaksanakan untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok menjelang bulan suci ramadan.

Salah satu bahan pokok yang akan dijual adalah beras premium yang saat ini harganya sedang mengalami kenaikan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Gorontalo, Ismail Madjid mengatakan, selain menjual beras premium pihaknya juga akan mempercepat pendistribusian cadangan beras pemerintah kepada 18 ribu kepala keluarga yang ada di Kota Gorontalo.

"Pemerintah kota akan melaksanakan pasar murah. Di pasar murah itu, nanti salah satu bahan pokok yang di jual di pasar murah nanti, yakni beras premium," kata Ismail.

Kegiatan ini juga dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat dan mengantisipasi kenaikan harga bahan pokok yang biasa terjadi saat menjelang ramadan. 

"Masalah sekarang terkait harga, karena yang naik yaitu harga beras premium yang sekarang berkisar Rp 15.000 sampai Rp 16.000 perkilonya. Sedangkan beras medium di Bulog berkisar Rp 9.950 dan ketika dipasaran itu bisa di jual hingga Rp 10.900 perkilonya," tambahnya.

Menurut Sekda Ismail, stok beras di Kota Gorontalo tersedia. Hal itu berdasarkan hasil monitoring, pemantauan dan evaluasi yang dilakukan pihaknya di Gudang Bulog, termasuk di sejumlah pasar dan distributor.

"Dari sisi stock, alhamdulillah ketika dipantau tadi, Bulog itu memiliki kurang lebih 3300 Ton yang tadi sudah diturunkan dari Bitung, dan juga di PT Manggala Utama cukup tersedia beras dengan tipe premium," pungkasnya.(*)

Tags:

Pasar Murah Pemkot Gorontalo Bulog Beras Premium Daya Beli Masyarakat