Jelang UKW, PWI Malang Raya Harapkan Peserta Lolos Berkompeten

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

20 Juli 2023 11:07 20 Jul 2023 11:07

Thumbnail Jelang UKW, PWI Malang Raya Harapkan Peserta Lolos Berkompeten Watermark Ketik
Pelaksanaan technical meeting peserta UKW angkatan ke-51 di Sekretariat PWI Malang Raya (foto: Humas PWI Malang Raya)

KETIK, MALANG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Malang Raya akan melaksanakan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) angkatan ke-51 pada 21-23 Juli 2023. Pengurus PWI Malang Raya berharap para peserta dapat menjalani ujian dengan lancar dan lulus sebagai wartawan berkompeten.

Guna mempersiapkan ujian tersebut, PWI Malang Raya terlebih dahulu menggelar technical meeting bersama para peserta pada Kamis (20/7/2023). Kegiatan berlangsung di Sekretariat PWI yang berlokasi di Jalan Raya Sawojajar, Ruko WOW Cluster Apple 1-6, Sawojajar.

Ir Cahyono selaku Ketua PWI Malang Raya berpesan supaya peserta dapat sungguh-sungguh menjalani ujian dengan harapan bisa meraih hasil bagus. Mengingat materi ujian yang diterapkan merupakan pekerjaan yang dilakukan peserta tiap harinya.

"PWI Malang Raya memiliki misi untuk dapat membekali kompetensi kepada seluruh wartawan melalui UKW secara gratis," ungkap Cahyono.

Kelulusan para peserta UKW juga menjadi tiket untuk bergabung pada keanggotaan PWI. Harapannya, dengan menjadi wartawan yang berkompeten dapat berpengaruh pada muruah keorganisasian.

UKW kali ini tidak hanya diikuti oleh peserta dari Malang Raya, tapi dari Surabaya, Situbondo, Ponorogo, Pasuruan, Jakarta, Jombang, Makassar, hingga Kendari. Jumlah peserta secara keseluruhan ialah 35 wartawan, dengan rincian 24 wartawan jenjang muda, 6 wartawan jenjang madya dan 5 wartawan jenjang utama.

Sementara itu, Sekretaris PWI Malang Raya, Muhaimin menambahkan, pada penutupan UKW nanti akan digelar seminar. Tujuannya untuk membuka wawasan para wartawan di bidang ekonomi.

"Technical meeting ini sebagai pembekalan materi bagi peserta UKW. Terutama bagi peserta jenjang Muda yang baru pertama kali mengikuti uji kompetensi," ucap Muhaimin.

Melalui technical meeting ini, peserta diharapkan tidak merasa gugup dan dapat menyiapkan mental menuju ujian besok. Ia pun berpesan supaya peserta menyediakan berbagai perlengkapan untuk mendukung kelancaran ujian, termasuk menyiapkan daftar 20 narasumber untuk membangun jejaring.

Layaknya pekerjaan keseharian, peserta diwajibkan untuk membuat dan menayangkan berita selama UKW. Hal ini sebagai komitmen peserta dengan panitia untuk menyetorkan bukti tayang berita mengenai UKW angkatan ke-51.(*)

Tombol Google News

Tags:

Uji kompetensi wartawan UKW PWI Malang Raya