Jelita Cahyaningtiyas, Owner Brand MilleaLab Ungkap Pentingnya Literasi

Jurnalis: Wandi Ruswannur
Editor: Marno

17 Juli 2023 02:18 17 Jul 2023 02:18

Thumbnail Jelita Cahyaningtiyas, Owner Brand MilleaLab Ungkap Pentingnya Literasi Watermark Ketik
Jelita Cahyaningtiyas (Foto: Dok. Pri)

KETIK, JAKARTA – Bagi Jelita Cahyaningtiyas yang akrab disapa Jelita, Owner Brand MilleaLab asal Tangerang, Provinsi Banten, mengungkapkan pentingnya literasi bagi masyarakat luas.

Menurut Jelita yang menempuh bangku kuliah jurusan S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, makna Literasi mengalami penyesuaian sesuai zamannya. Pada hakikatnya, literasi diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. 

"Makna dari literasi itu meluas menjadi kemampuan seseorang dalam memahami sesuatu yang baru ataupun mendalami suatu informasi dalam meningkatkan pemahaman, kompetensi, skills, dan lainnya untuk meningkatkan value yang dimiliki oleh masing-masing individu," katanya kepada wartawan, Senin (17/7/2023).

Pemilik akun media sosial @jelitacahyaningtiyas, hubungan literasi dengan pendidikan, tentunya literasi sangat memiliki peranan penting dalam dunia pendidikan. Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya bahwa hakikatnya literasi merupakan kemampuan individu dalam membaca dan menulis.

"Yang tentunya dengan kemampuan ini dapat memberikan impact yang besar dalam berbagai aspek kehidupan, karena merupakan pintu utama bagi pengembangan makna literasi yang lebih meluas. Dan pendidikan merupakan salah satu cara yang dapat digunakan dalam memperoleh literasi," imbuhnya.

Selain itu, kata Jelita peran literasi pun sangat penting di dalam dunia pendidikan, karena seperti yang kita ketahui bahwa tingkat literasi yang dimiliki oleh pendidik maupun peserta didik menentukan tingkat mutu pendidikan itu sendiri.

"Tentu harapannya adalah meningkatkan literasi pendidik dan peserta didik setinggi-tingginya demi meningkatkan mutu pendidikan," tutur Jelita yang hobi nonton film, membaca dan mentoring.

Secara khusus, Jelita mengajak kepada masyarakat untuk aktif berliterasi digital. Karena literasi digital sangat penting untuk dapat membantu kita dalam mendapatkan akses informasi, kesadaran dan membuka wawasan-wawasan baru yang penting secara meluas. 

"Dengan aktif dalam berliterasi digital, tentunya dapat meningkatkan pengetahuan dan skills yang dimiliki untuk meningkatkan value diri. Selain itu, dengan penggunaan yang tepat pun akan dapat mengembangkan kreativitas dan mengembangkan diri kita untuk memberikan impact baik, bagi diri sendiri maupun lingkungan sekitar," tandasnya.

Sebagai tambahan informasi, ia memiliki prestasi sebagai keynote speaker at National and International Webinar, seperti:
1. Edtech Implementation in the Post-Covid Era to Support Open Distance Learning In Southeast Asia by SEAMOLEC.
2. "Digitalization of Technology in Education Sector" with Ministry of Communication and Information Republic of Indonesia 2021-2023.
3. Menjadi trainer serta mentor di beberapa program digitalisasi di bidang pendidikan, khususnya teknologi virtual reality. (*)

Tombol Google News

Tags:

Jelita Cahyaningtiyas Cantik Millealab literasi Pendidikan