Jika Terjadi Gempa, Ikuti Langkah Ini Untuk Menyelamatkan Diri

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

6 Januari 2024 03:30 6 Jan 2024 03:30

Thumbnail Jika Terjadi Gempa, Ikuti Langkah Ini Untuk Menyelamatkan Diri Watermark Ketik
Jalan yang rusak akibat gempa. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Sebagai negara yang terletak di pertemuan wilayah lingkaran api pasifik dimana merupakan pertemuan tiga lempeng tektonik dunia seperti Lempeng Indo-Austalia, Lempeng Eurasia dan Lempek Pasifik. Indonesia merupakan negara yang rawan terjadi gempa bumi.

Oleh sebab itu penting bagi masyarakat Indonesia untuk mengetahui bagaimana cara menyelamatkan diri saat terjadi gempa. Seperti kejadian baru-baru ini gempa berkekuatan 5,9 skala richter yang mengguncang provinsi Banten pada Rabu (3/1/2024) lalu yang sempat membuat panik masyarakat.

Untuk itu, pentingnya mengetahui tindakan penyelamatan diri dalam situasi tersebut perlu dilakukan, agar tiap-tiap orang dapat memahami langkah apa yang harus diambil saat gempa terjadi. Berikut ini adalah tips untuk menyelamatkan diri saat gempa datang.

 

1. Tempat umum

Saat gempa mengguncang dan anda sedang berada di tempat umum cara terbaik untuk menyelamatkan diri adalah dengan metode drop, cover, hold on. Maksud dari cara ini adalah Jatuhkan tubuh ke bagian tangan dan lutut sebelum gempa bumi menghantam Anda. Posisi ini akan melindungi Anda dari jatuh dan tetap memungkinkan Anda untuk bergerak jika perlu. 

Carilah tempat berlindung seperti meja dan tetap berlindung ditempat sampai guncangan berhenti, Bersiaplah untuk bergerak dari tempat berlindung Anda jika guncangan membuatnya bergeser atau rusak.

 

2. Di rumah

Jika gempa terjadi saat anda berada dirumah, usahakan segera jauhi kaca, benda gantung, rak buku, lemari cina, atau furnitur besar lainnya yang bisa jatuh. jika memungkinkan ambil benda keras untuk melindungi kepala dan leher anda. 

Jika anda berada didapur usahakan matikan api kompor terlebih dahulu untuk menghindari terjadinya kebakaran. Sedangkan jika amda berada di kamar ambil bantal atau guling untuk melindungi diri, ada baiknya anda berlindung di bawah tempat tidur. 

 

3. Saat berada di gedung bertingkat

Apabila anda berada di gedung bertingkat usahakan untuk menjauhi dinding dan kaca karena dapat melukai anda. Hindari menggunakan lift atau eskalator. Jika anda terjebak di dalam tetap tenang dan cobalah untuk menarik perhatian seseorang dengan mengetuk bagian struktur yang keras atau logam.

 

4. Di luar ruangan

Saat gempa terjadi di luar ruangan usahakan menjauh dari gedung, pohon atau tiang listrik karena dikhawatirkan akan jatuh mengenai anda. Pergilah ke area terbuka dan posisikan tubuh lebih rendah dan berdiam diri disana hingga guncangan berhenti.(*)

Tombol Google News

Tags:

Gempa Bumi bencana alam Evakuasi menyelamatkan diri Cincin api pasifik Lempeng tektonik tips