Kaya Vitamin C, Ini Segudang Manfaat Buah Peach untuk Tubuh

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Irwansyah

24 Desember 2022 01:37 24 Des 2022 01:37

Thumbnail Kaya Vitamin C, Ini Segudang Manfaat Buah Peach untuk Tubuh Watermark Ketik
Buah Peach atau Prunus Persica. (Foto: Pinterest) 

KETIK, JAKARTA – Buah Peach ini sekilas mirip dengan buah apel. Namun ada perbedaan dari kulit hingga tekstur daging di dalamnya. Terkadang buah ini juga disebut dengan buah persik. Nama ilmiahnya Prunus Persica. 

Buah Peach ini kaya akan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan utama dari buah ini adalah Vitamin C. 

Selain itu, buah peach juga memiliki kandungan nutrisi lain, di antaranya kalori, lemak, karbohidrat, serat, protein, kalium dan sebagainya. Buah peach memiliki kadar gula yang rendah, jadi baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. 

Tahukan kamu apa saja manfaat buah Peach untuk kesehatan tubuh? Simak penjelasan di bawah ini. 

1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

kandungan Vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Selain itu anti oksidan ini dapat menghancurkan radikal bebas. Vitamin C ini juga berfungsi mempercepat perbaikan sel dan proses penyembuhan luka. 

Foto Buah persik. (Foto: Pinterest)Buah persik. (Foto: Pinterest)

2. Menjaga Kesehatan Tulang 

Satu buah persik ukuran kecil mengandung 24 ml kalium. Kalium itu sendiri membantu menyeimbangkan efek dari pola makan tinggi garam. Selain itu dapat menurunkan tekanan darah dan menurunkan resiko batu ginjal, serta pengeroposan tulang. 

3. Menjaga Kesehatan Mata 

Kandungan beta karoten serta vitamin A di dalam buah peach mempunyai senyawa antioksidan yang berkhasiat untuk permukan mata serta pembentukan fotoreseptor rhodopsin uang dapat membantu mencegah rabun senja. 

4. Menyehatkan Pencernaan 

Buah peach dapat berkontribusi pada pencernaan yang sehat. Satu buah berukuran sedang mengandung sekitar 2 gram serat, yang setengahnya adalah serat larut, sedangkan setengah lainnya serat tidak larut. 

Serat tidak larut membantu memindahkan makanan melalui usus sehingga mengurangi kemungkinan sembelit. 

Di sisi lain, serat larut menyediakan makanan bagi bakteri baik untuk usus, yang pada gilirannya, akan menghasilkan asam lemak rantai pendek, seperti asetat, propionat, dan butirat, yang memberi makan sel-sel usus. 

Foto Olahan buah peach. (Foto: Pinterest)Olahan buah peach. (Foto: Pinterest)

5. Proteksi Kulit 

Peach berpotensi memiliki efek perlindungan yang membantu menjaga kesehatan kulit. 

Studi tabung menunjukkan, senyawa yang ditemukan dalam buah peach dapat meningkatkan kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan sehingga dapat memperbaiki tekstur kulit. 

Terlebih lagi, penelitian tabung dan penelitian terhadap hewan menunjukkan, ekstrak yang dibuat dari bunga peach atau daging buah peach yang dioleskan langsung ke kulit dapat membantu mencegah kerusakan akibat sinar UV. 

6. Menurunkan Berat Badan 

Menurut laporan dari Centers for Disease Control and Prevention, memulai hari dengan baik dapat membantu kita menurunkan berat badan. Salah satunya adalah mengurangi jumlah sereal dan memberi ruang untuk buah-buahan seperti persik. 

Buah persik merupakan sumber serat yang baik untuk membantu kita merasa kenyang lebih lama. Penelitian di Amerika menyatakan mengonsumsi serat lewat buah-buahan menjadi langkah penting melawan epidemi obesitas.  

Faktanya mengonsumsi 30 gram serat sehari berkontribusi besar untuk menurunkan berat badan. Juga membantu mencegah kolesterol tinggi, tekanan darah, dan gula darah. (*)

Tombol Google News

Tags:

Buah peach manfaat  Vitamin C persik