Kebakaran Kandang Ternak Milik Warga Pacitan, Empat Kambing Gosong Terpanggang

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: Muhammad Faizin

21 Mei 2024 11:00 21 Mei 2024 11:00

Thumbnail Kebakaran Kandang Ternak Milik Warga Pacitan, Empat Kambing Gosong Terpanggang Watermark Ketik
Sisa-sisa kebakaran, kandang ternak warga di Pacitan hangus dilalap api, (20/5/2024) malam. (Foto: Sugito for Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Si Jago Merah mengamuk di Dusun Krajan RT 001 RW 004 Desa Sirnoboyo, Pacitan, Senin, (20/5/2024) malam, melahap habis sebuah kandang ternak milik warga.

Tragedi ini mengakibatkan empat ekor kambing hangus terpanggang dan kerugian materi yang ditaksir mencapai Rp20 juta.

Kejadian ini terjadi sekitar pukul 20.33 WIB. Api diduga berasal dari tumpukan rumput kering di dekat kandang yang digunakan untuk menghangatkan kambing.

Hembusan angin kencang membuat api dengan cepat membesar dan merambat ke kandang.

"Bangunan kandang dan empat ekor kambing hangus terbakar. Kerugian ditaksir dua puluh juta rupiah," ungkap Kabid Damkar Satpol PP Pacitan, Sugito.

Sugito menjelaskan, dua unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. Petugas Damkar berjibaku selama beberapa jam untuk memadamkan kobaran api.

"Sumber api berasal dari api pada tumpukan rumput kering didekat kandang yang digunakan untuk menghangatkan kambing. Hembusan angin kencang membuat petugas Damkar sedikit lama memadamkan kebakaran," terang Sugito.

Beruntungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun, pemilik kandang ternak mengalami kerugian materi yang cukup besar.

Sugito menghimbau masyarakat untuk lebih berhati-hati dan waspada terhadap bahaya kebakaran.

Ia mengingatkan agar masyarakat tidak membakar sampah sembarangan dan selalu memastikan kondisi instalasi listrik di rumah dan tempat usaha dalam keadaan baik.

"Pastikan instalasi listrik di rumah dan tempat usaha dalam kondisi baik. Hindari menyimpan bahan bakar yang mudah terbakar di sembarang tempat. "Selalu sediakan alat pemadam api ringan (APAR) di rumah dan tempat usaha," himbau Sugito.

Kebakaran merupakan musibah yang bisa menimpa siapa saja. Oleh karena itu, penting bagi kita semua untuk meningkatkan kewaspadaan dan pengetahuan tentang pencegahan kebakaran.

"Mari bersama-sama kita jaga keselamatan diri dan lingkungan dengan selalu berhati-hati dan waspada terhadap bahaya kebakaran," tandas Sugito.(*)

Tombol Google News

Tags:

pacitan kebakaran DAMKAR Satpol PP Bakar sampah