Kembangkan HarmonyOS, Huawei Ajak Pengembang Buat Native Apps

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Mustopa

23 April 2024 13:26 23 Apr 2024 13:26

Thumbnail Kembangkan HarmonyOS, Huawei Ajak Pengembang Buat Native Apps Watermark Ketik
Ilustrasi HarmonyOS. (Foto: Huawei)

KETIK, JAKARTA – Raksasa teknologi asal Tiongkok, Huawei tampaknya sangat serius untuk mengembangkan sistem operasi buatannya HarmonyOS. Salah satunya dengan mendorong terbangunnya kolaborasi dengan para pengembang guna menciptakan berbagai native apps.

Rotating Chairman Huawei, Eric Xu, mengatakan HarmonyOS adalah sistem operasi generasi terbaru Huawei yang dapat beroperasi pada berbagai perangkat pintar, seperti smartphone, perangkat wearable, tablet, dan smart TV. Hingga akhir 2023, HarmonyOS telah diimplementasikan pada lebih dari 800 juta perangkat.

“Kami mengajak semua pengembang dan pemilik aplikasi di Tiongkok untuk segera bergegas bergabung dengan ekosistem native apps HarmonyOS kami, serta bekerja sama untuk menyuguhkan pengalaman yang lebih baik,” ujar Xu dalam acara Huawei Analyst Summit ke-21.

Pangsa pasar HarmonyOS secara global telah mencapai 4%. Sedangkan di Tiongkok telah melampaui 16% pada kuartal keempat tahun 2023.

Huawei telah membuat kemajuan substansial dalam mengembangkan ekosistem HarmonyOS. Kemajuan tersebut antara lain ditandai dengan adanya lebih dari 4.000 aplikasi dari 5.000 aplikasi yang ditargetkan. Saat ini sedang dalam proses porting ke sistem operasi baru tersebut.

"Kami menargetkan untuk memiliki setidaknya satu juta aplikasi yang terkonfigurasi untuk ekosistemnya,"tambahnya.

Foto Rotating Chairman Huawei, Eric Xu. (Foto: Huawei)Rotating Chairman Huawei, Eric Xu. (Foto: Huawei)

Lebih lanjut, Xu juga menjelaskan bahwa HarmonyOS memiliki arsitektur baru. Sejak awal, sistem operasi yang terinspirasi dari Internet of Things (IoT) ini dirancang untuk mendukung semua jenis perangkat, mulai dari perangkat IoT dan mobile hingga perangkat rumah, laptop, dan komputer desktop.

“Sebelumnya, fokus utama kami adalah mengadaptasikan HarmonyOS untuk berbagai jenis perangkat. Namun untuk aplikasi, mereka masih beroperasi dalam ekosistem Android,”paparnya.

Di pasar Tiongkok, pengguna smartphone Huawei menghabiskan 99% waktu mereka untuk melakukan interaksi pada sekitar 5.000 aplikasi. Untuk itu, Huawei memutuskan bahwa sepanjang 2024 ini berfokus untuk melakukan porting aplikasi-aplikasi tersebut ke HarmonyOS terlebih dulu agar antara OS dan ekosistem aplikasi benar-benar menyatu.

"Ini adalah misi yang sangat besar. Namun, kami telah mendapatkan dukungan luas dari industri dan banyak pengembang aplikasi," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

teknologi Sistem operasi HarmonyOS huawei Native apps pengembang Kerjasama