KPU Makassar Mulai Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kota

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

2 Maret 2024 16:08 2 Mar 2024 16:08

Thumbnail KPU Makassar Mulai Rekapitulasi Suara Pemilu 2024 Tingkat Kota Watermark Ketik
Anggota KPU Makassar Sri Wahyuni saat memberikan keterangan pada awak media. (Foto: SuaraSulsel)

KETIK, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Makassar telah menyelesaikan rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2024 di tingkat kecamatan. Selanjutnya KPU Makassar akan melakukan rekapitulasi untuk tingkat kota.

Anggota KPU Makassar Sri Wahyuni mengatakan penghitungan tingkat kota dimulai setelah Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) sudah memasuki penghitungan 5 kecamatan dari total 15 kecamatan dengan ditargetkan rampung pada 5 Maret 2024.

"Sudah masuk kotaknya itu ada lima kecamatan, tapi hari ini sudah ada 10 kecamatan yang melakukan rekapitulasi, lalu kemudian dilanjutkan dengan proses penetapan," kata Sri Jumat (1/3/2024).

Ia menambahkan walaupun baru 5 kecamatan yang menyetorkan kotak suara ke KPU Makassar, namun proses penghitungan sudah bisa dilakukan, sembari menunggu kiriman kotak suara dari 10 kecamatan yang lain. 

"Saya kira, mudah-mudahan hari ini kotaknya sudah ada yang masuk (tambahan), dan mudah-mudahan ini tidak terputus proses rekap hingga tanggal 5 Maret nanti," tambahnya.

Namun apabila sampai pada batas waktu yang ditentukan yakni 2 Maret 2024 proses rekapitulasi ditingkat PPK masih belum bisa diselesaikan, pihaknya KPU Makassar akan mengambil alih proses rekapitulasi.

"Kalaupun separah-parahnya mereka tidak menyelesaikan sampai tanggal dua, maka itu kita akan ambil ke kota. Tapi sejauh ini progresnya alhamdulillah, sudah hampir selesai," imbuhnya dilansir Suara.com jejaring nasional Ketik.co.id.

Mantan komisioner Bawaslu Kota Makassar ini mengungkapkan kendala hampir di semua kecamatan relatif sama, misalnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) salah menjumlah bahkan mendata, sehingga terjadi kesalahan dan dilaksanakan penghitungan ulang yang menyita waktu.

"Kalau ada seperti itu pasti di hitung ulang. Nah itu yang bikin lama. Setahu saya, itu di Kecamatan Panakkukang hampir semua kotak dihitung ulang," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

pemilu2024 pilpres2024 Rekapitulasi KPU Makassar PPK