Kudeta Pecah di Sudan, RSF Klaim Kuasai Istana Negara

Jurnalis: M. Rifat
Editor: Marno

16 April 2023 05:38 16 Apr 2023 05:38

Thumbnail Kudeta Pecah di Sudan, RSF Klaim Kuasai Istana Negara Watermark Ketik
Kondisi Bandara Khartoum, Sudan (15/4/2023). (Foto: France24)

KETIK, JAKARTA Upaya kudeta terjadi di Sudan. Pihak paramiliter Rapid Support Forces (RSF) mengklaim telah menguasai istana kepresidenan dan bandara di ibu kota Khartoum.

Dilansir France24, Minggu (16/4/2023), klaim paramiliter RSF itu telah dibantah oleh tentara Sudan. Dilaporkan sebanyak 3 warga sipil tewas dalam pertempuran antara paramiliter RSF dengan tentara Sudan.

Serikat dokter melaporkan tiga kematian warga sipil, termasuk yang terjadi di bandara Khartoum. Setidaknya 9 lainnya terluka.

Ledakan aksi kekerasan terjadi dalam minggu-minggu ini seiring perselisihan antara pemimpin militer Abdel Fattah al-Burhan dan orang nomor dua, komandan RSF, Hamdan Daglo. Perselihan bermuara dari Daglo yang berencana mengintegrasikan tentara RSF ke dalam tentara reguler.

Pihak tentara Sudah mengklaim mereka telah melancarkan serangan udara dan "menghancurkan" dua pangkalan RSF di Khartoum. Hingga saat ini pertempuran dan saling klaim penguasaan masih terjadi.

Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken mengatakan sangat prihatin dan mendesak kedua belah pihak untuk segera menghentikan kekerasan. (*)

Tombol Google News

Tags:

Sudan Kudeta RSF tentara Paramiliter