Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang Komitmen Wujudkan Pramuka Produktif

Jurnalis: Gumilang
Editor: Mustopa

6 Februari 2024 13:36 6 Feb 2024 13:36

Thumbnail Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang Komitmen Wujudkan Pramuka Produktif Watermark Ketik
Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang Hj Jajuk Rendra Kresna menyampaikan sambutan pada Rakercab di Hotel Grand Kanjuruhan, Selasa, (6/2/2024). (Foto : Gumilang/ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang komitmen mewujudkan Pramuka Produktif. Hal ini disampaikan Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang Hj Jajuk Rendra Kresna pada Rakercab di Hotel Grand Kanjuruhan, Selasa (6/2/2024).

"Pramuka produktif itu seperti apa itu mulai kita terapkan ke mereka semuanya. Sehingga mereka itu dalam menatap masa depan itu sudah optimis jadi optimis bahwa saya punya potensi seperti ini," ujar Hj Jajuk Rendra Kresna kepada media nasional Ketik.co.id.

Lebih lanjut ia mengatakan, Pramuka Kabupaten Malang sudah mengimplementasikan Program Pramuka Produktif melalui produk produk unggulan. Salah satu produk adalah minuman olahan susu yang dibuat Pramuka.

"Kegiatan kepramukaan itu kita sisipkan ya namanya kewirausahaan ya iya satu ya satu produk satu wirausaha itu artinya juga memberikan kesempatan," ungkapnya.

Menurutnya, Pramuka tidak hanya persoalan tali temali. Selain program Pramuka Produktif, juga ada banyak tujuan mulia lainnya. Yakni membentuk generasi muda berkarakter baik.

"Virus yang membawa kebaikan untuk teman-temannya yang masih mungkin sekarang masih belum apa tertarik ke Pramuka menjadi tertarik," sebutnya.

Menurutnya, semua kegiatan baik pendidikan formal maupun non formal, sistem bermain dan semuanya juga akan diterapkan di Kepramukaan Kabupaten Malang.

"Termasuk nanti saya mau usul ini nanti mulai dilakukan kegiatan ini pra siaga ini artinya kegiatan Pramuka untuk anak anak paud kemarin ada beberapa guru maupun tenaga pendidik yang juga mengajukan seperti itu," tuturnya.

Selain itu, kata ia, Pramuka bukan hanya ekstrakurikuler formalitas semata. "Kurikulum apa ekstra kurikulernya kan jadi kewajiban. Tetapi kadang-kadang anak-anaknya ikut hanya formalitas kok pakai baju Pramuka ikut itu yang kami mulai kurangi satu persatu," ucapnya.

Sebagai informasi, pada Rakercab Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang ini juga dihadiri Wakil Sekretaris I Kwarda Gerakan Pramuka Jatim Kiagus Firdaus dan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Malang Suwadji yang mewakili Bupati Malang Sanusi. (*)

Tombol Google News

Tags:

Kwarcab Pramuka Kabupaten Malang Kabupaten Malang Pramuka Hj Jajuk Rendra Kresna
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1