LAFKI Kunjungi Seoul, Berbagi Kualitas Layanan Kesehatan Efisien dan Terjangkau

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: M. Rifat

3 September 2023 18:12 3 Sep 2023 18:12

Thumbnail LAFKI Kunjungi Seoul, Berbagi Kualitas Layanan Kesehatan Efisien dan Terjangkau Watermark Ketik
Kunjungan Lafki ke KBRI Seoul untuk berdiskusi pelayanan kesehatan di Korea. (Foto: dok. LAFKI)

KETIK, JAKARTA – Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia (LAFKI) melakukan kunjungan ke Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Seoul, Korea Selatan (2/9/2023).

Kunjungan ini bertujuan untuk berdiskusi terkait pelayanan kesehatan di Korsel, khususnya dalam hal pelayanan kesehatan yang efisien dan terjangkau.

Kunjungan ini diterima dengan hangat oleh Ahdyanti Sardanarini Wirajuda, yang merupakan Minister Counsellor for Economic Investment and Trade Affair.

Perwakilan KBRI Seoul itu menyampaikan bahwa Menteri Kesehatan Republik Indonesia telah mengunjungi beberapa Rumah Sakit di Korea dan mengakui efisiensi dan aksesibilitas sistem MCU di Korea.

Selain itu, Korea Selatan juga terkenal dengan penggunaan kecerdasan buatan (AI) dalam pelayanan kesehatan, serta memiliki sistem pembiayaan layanan kesehatan yang baik melalui National Health Insurance System, sebanding dengan BPJS di Indonesia.

KBRI juga merinci tentang kemajuan dalam bidang riset dan praktik klinis, serta peningkatan pelayanan kesehatan di rumah sakit seperti National University Hospital (SNUH).

SNUH menyediakan layanan unggul dalam penanganan kanker, stroke, ginjal, hipertensi, dan transplantasi dengan tingkat keberhasilan tinggi.

Dr. Iwan Trihapsoro, Sekretaris Umum Lafki, mengatakan Seoul National University Hospital merupakan salah satu rumah sakit di Korea yang terletak di 101, Daehak-ro Jongno-gu, Seoul, Korea Selatan.

"Lafki melakukan kunjungan ke Seoul National University Hospital yakni untuk memperluas jaringan kerja sama dan persahabatan dengan negara Korea khususnya dalam bidang kesehatan," kata Dr. Iwan, Minggu (3/9/2023).

Foto Kunjungan LAFKI ke KBRI Seoul Korea Selatan. (Foto: dok. LAFKI)Kunjungan LAFKI ke KBRI Seoul Korea Selatan. (Foto: dok. LAFKI)

Selama kunjungan, Dr. Iwan juga menginformasikan KBRI bahwa mereka memiliki Program Nasional dan saat ini menjadi anggota International Society for Quality in Health Care (ISQua).

"Dengan harapan dapat belajar dari Korea dalam hal mutu pelayanan pasien, LAFKI berupaya untuk menciptakan sistem akreditasi yang lebih baik di Indonesia," pungkasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

LAFKI Lembaga Akreditasi Fasilitas Kesehatan Indonesia Pelayanan kesehatan Korea KBRI Seoul SNUH