Lakukan Pertemuan Bilateral Pertama di Bali, Jokowi Temui Joe Biden

Editor: M. Rifat

14 November 2022 14:16 14 Nov 2022 14:16

Thumbnail Lakukan Pertemuan Bilateral Pertama di Bali, Jokowi Temui Joe Biden Watermark Ketik
Presiden Indonesia Jokowi bersama Presiden AS Joe Biden di Bali (14/11). (Foto: Tangkapan layar Youtube Sekretariat Presiden)

KETIK, DENPASAR – Jelang digelarnya agenda utama KTT G20, Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan bilateral dengan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden di Bali Senin pagi (14/11). Dari tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi melakukan pertemuan ditemani beberapa menteri.

Ini menjadi pertemuan bilateral pertama yang dilakukan pemerintah Indonesia selaku tuan rumah KTT G20 2022. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa AS masih merupakan salah satu mitra terpenting bagi Indonesia.

Di pertemuan itu Jokowi terlihat mengenakan jas berwarna hitam. Sedangkan Biden menggunakan jas berwarna biru. Keduanya duduk di kursi yang berhadapan. Ada bendera Indonesia dan AS di meja tersebut.

Jokowi mengucapkan selamat datang kepada Biden. Jokowi juga mengapresiasi kedatangan Biden di KTT G20. Seperti diketahui, sebelumnya Biden telah mendarat di Bali pada Minggu malam (13/11).

"Saya sangat menghargai kehadiran Presiden Biden di KTT G20 di Bali. Sekali lagi, saya menyampaikan apresiasi atas kehadiran Joe Biden dan besok kita akan mulai melakukan KTT G20," ucap Jokowi.

"Saya juga berharap KTT G20 dapat menghasilkan kerja sama konkret yang dapat membantu dunia dalam pemulihan ekonomi global," tambah Presiden RI ke-7 tersebut.

Sebagaimana dikutip situs resmi G20, konferensi tingkat tinggi ini merupakan platform multilateral strategis yang menghubungkan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia. Anggota G20 merepresentasikan lebih dari 80 persen perekonomian dunia, 75 persen perdagangan internasional, dan 60 persen populasi dunia.

Forum KTT G20 dilakukan setiap tahun dengan menghadirkan tiap kepala negara ataupun kepala pemerintahan. Tahun ini, Indonesia resmi memegang presiden G20 setelah sebelumnya diemban Italia.

Dalam kepemimpinannya, Indonesia mengusung semangat pulih bersama dengan tema 'Recover Together, Recover Stronger'. Ada tiga isu prioritas dalam presidensi G20 Indonesia, yaitu arsitektur kesehatan global, transformasi digital, dan transisi energi berkelanjutan. Acara puncak KTT G20 Indonesia dilaksanaka pada 15-16 November 2022. (*)

Tags:

KTT G20 Jokowi Joe Biden