Lama Ditinggal Mudik, Jangan Langsung Nyalakan Mobil Tanpa Pengecekan!

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

15 April 2024 19:01 15 Apr 2024 19:01

Thumbnail Lama Ditinggal Mudik, Jangan Langsung Nyalakan Mobil Tanpa Pengecekan! Watermark Ketik
Ilustrasi Mobil Pribadi. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, JAKARTA – Transportasi umum kerap menjadi pilihan utama pemudik dari pada harus menggunakan kendaraan pribadi. Oleh sebab itu banyak pemudik memilih meninggalkan kendaraannya di rumah.

Akan tetapi karena ditinggal mudik, kendaraan pribadi beresiko tidak dinyalakan dalam waktu yang cukup lama. Dalam kondisi begitu, mobil jangan langsung dinyalakan setelah lama ditinggalkan.

Ketua Umum Persatuan Bengkel otomotif Indonesia (PBOIN), Hermas E Prabowo mengatakan mobil yang ditinggal lama perlu diperiksa karena dapat mengalami beberapa hal tergantung pada kondisi lingkungan dan bagaimana mobil itu ditinggalkan, mulai dari penurunan kinerja aki atau baterai hingga kerusakan mekanis.

“Sebelum menyalakan mobil, pastikan tegangan listrik aki cukup, sehingga mampu untuk starter mobil, pastikan air akinya cukup (jenis aki basah), tambahkan bila kurang,” kata dia, Senin (15/4/2024).

Kemudian, periksa pula oli mesin dengan menarik tongkat ukur oli yang biasanya terletak dekat mesin. Umumnya, tongkat ukur oli memiliki pegangan berwarna cerah dan terdapat tanda atau tulisan "OIL" pada tongkat tersebut.

Periksa tingkat oli yang menempel pada tongkat. Biasanya, ada tanda atau dua tanda pada tongkat yang menunjukkan level minimum dan maksimum oli. Pastikan level oli berada di antara dua tanda tersebut. Jika level oli berada di bawah level minimum, tambahkan oli sesuai kebutuhan.

“Lalu perlu cek juga apakah mobil selama ditinggal jadi sarang tikus atau tidak, biasanya dapat tercium bau tidak sedap yang khas,” ujar tambah Hermas.

Karena mobil terparkir lama, Hermas mengungkap pemilik perlu memastikan kinerja rem tidak “terkunci” atau kaku. Efek tersebut umum terjadi pada mobil yang telah timbul karat.

"Pastikan semua informasi indikator lampu (umumnya ada di cluster meter) tidak ada yang menyala akibat kegagalan sistem bekerja, lalu mobil bisa untuk digunakan kembali,” pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

otomotif Mudik Lebaran Pengecekan mesin bengkel oli rem mobil Aki
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1