Layani Pemudik, Pelabuhan Tanjung Perak Buka Posko Kesehatan hingga H+14

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

27 April 2023 10:00 27 Apr 2023 10:00

Thumbnail Layani Pemudik, Pelabuhan Tanjung Perak Buka Posko Kesehatan hingga H+14 Watermark Ketik
Tenaga Medis sedang memeriksa salah seorang pemudik di Pelabuhan Tanjung Perak, Kamis (27/4/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal laut di pelabuhan Tanjung Perak. Kementerian Kesehatan mengoperasikan klinik dan posko kesehatan untuk melayani para pemudik.

Keberadaan posko ini cukup penting mengingat perjalanan dengan kapal laut biasanya memakan waktu yang cukup panjang ditambah dengan gelombang laut yang rentan membuat pemudik mabuk laut.

"Posko ini kami buka sejak H-17 hingga +14 atau tepatnya 8 Mei 2023. Disini kami menyiapkan tim medis, dokter, ambulan selama 24 jam penuh untuk melayani pemudik," ucap Kepala Kantor Kesehatan Kelas 1 Surabaya Slamet Mulsiswanto.

Foto Petugas kesehatan sedang memberikan obat obatan kepada seorang pemudik, Kamis (27/4/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Petugas kesehatan sedang memberikan obat obatan kepada seorang pemudik, Kamis (27/4/2023).(Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Slamet menambahkan dalam sehari posko ini bisa melayani 5 hingga 10 pemudik perhari. Rata rata keluhan mereka adalah pusing, mual akibat mabuk laut. Selain itu juga karena kelelahan sebab perjalanan yang cukup panjang.

"Keluhannya dari pemudik biasanya karena mabuk laut. Bisa juga karena kelelahan karena waktu tunggu kapal yang relatif lama, yang mana jadwalnya berangkat jam 5 sore lalu bisa diundur hingga jam 9 malam. Hal ini rentan membuat mereka lelah," tambah Slamet.

Untuk itu dirinya mengimbau kepada para pemudik yang menggunakan moda transportasi kapal laut untuk selalu menjaga kesehatan. Dan jika memang merasa kurang enak badan silahkan datang ke posko untuk mendapatkan perawatan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Arus Balik Pemudik posko kesehatan Pelabuhan Tanjung Perak Kapal laut