Libur Lebaran, 3.245 Orang PMI dan WNI Mudik melalui di Bandara Juanda

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

22 April 2024 21:00 22 Apr 2024 21:00

Thumbnail Libur Lebaran,  3.245 Orang PMI dan WNI Mudik melalui di Bandara Juanda Watermark Ketik
Loket pemeriksaan paspor di Bandara Internasional Juanda, Senin (22/4/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Selama libur Lebaran, Otoritas Imigrasi Bandara Internasional Juanda Surabaya melayani 3.245 orang Warga Negara Indonesia (WNI) maupun Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang mudik untuk  merayakan Idul Fitri 1445 H.

Berdasarkan data dari Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, tercatat peningkatan signifikan kedatangan PMI yang mudik dari luar negeri sejak (27/3/2024). Puncaknya pada (2/4/2024) sebanyak 3.245 orang WNI yang tiba di Bandara Juanda.

“Syukur alhamdulillah dengan kesiapan personil pelayanan keimigrasian di Bandara Juanda berjalan lancar tanpa kendala," ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Surabaya, Chicco A. Muttaqin saat dihubungi Ketik.co.id, Senin (22/4/2024).

Jumlah kedatangan WNI dari luar negeri menurun hampir setengahnya pada hari H Lebaran. Namun, tren peningkatan kedatangan WNI dari luar negeri masih berlanjut hingga H+7 Lebaran, Rabu (17/4/2024).

Hal ini diiringi pula dengan peningkatan jumlah keberangkatan WNI yang dimulai pada H+5 Lebaran, bersamaan berakhirnya cuti Lebaran di Tanah Air. Sebanyak 3.000-an lebih WNI melintas di Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Juanda untuk kembali ke luar negeri semenjak hari itu, Selasa (15/4/2024).

Di sisi lain, jumlah penumpang penerbangan umrah selama periode puasa dan Lebaran tahun ini menunjukkan tren penurunan. "Kemungkinan disebabkan oleh bertepatannya dengan musim liburan sekolah dan banyaknya masyarakat yang memilih untuk mudik atau berlibur di dalam negeri," jelasnya.

Meskipun demikian, otoritas Imigrasi di Bandara Juanda tetap siaga penuh untuk melayani para penumpang. Personil Imigrasi siap sedia untuk melayani penerbangan mulai dari pukul 03.00 WIB dini hari hingga penerbangan terakhir pada pukul 21.00 WIB setiap hari.

Chicco menjelaskam kesiapan Imigrasi di Bandara Juanda dalam melayani arus mudik dan balik Lebaran tahun ini patut diapresiasi.

“Kegigihan para petugas Imigrasi di bandara dan instansi terkait dalam memastikan kelancaran arus penumpang dan menjaga keamanan menjadi kunci suksesnya penyelenggaraan mudik dan balik Lebaran Tahun 2024 di Bandara Juanda," tandasnya. (*)

Tags:

Imigrasi Imigrasi Kelas 1 Surabaya Bandara Internasional Juanda Juanda