Lulus UKMPPD, 26 Dokter FK Unusa Laksanakan Janji dan Sumpah Profesi

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

27 Februari 2024 11:07 27 Feb 2024 11:07

Thumbnail Lulus UKMPPD, 26 Dokter FK Unusa Laksanakan Janji dan Sumpah Profesi Watermark Ketik
26 dokter dari FK Unusa diambil sumpah dan janji dokter di Auditorium lantai 9 Unusa Tower, Selasa (27/2/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Sebanyak 26 dokter dari Fakultas Kedokteran (FK) Unusa mengucap janji dan sumpahnya usai dinyatakan lulus Uji Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter (UKMPPD).

Dari 26 dokter yang diambil janji dan sumpah dokter ini, sebanyak 24 orang menyandang first taker. Sementara 2 orang lulusan berasal dari periode Agustus.

“Nilai baik jika angka kelulusan first taker lebih dari 75%. Oleh karena itu FK Unusa dengan serius mempersiapkan mahasiswa program profesi agar lebih banyak mahasiswa yang bisa lulus sebagai fisrt taker,” kata Dekan FK Unusa, Dr dr Handayani M.Kes, Selasa (27/2/2024).

Handayani juga mengungkapkan, akreditasi program studi sarjana kedokteran sangat penting bagi lulusan dokter. Itu karena berkaitan untuk mendaftar bekerja maupun melanjutkan studi.

“Program studi sarjana kedokteran dan program studi profesi dokter FK Unusa, keduanya telah terakreditasi dengan kategori Baik Sekali. FK Unusa terus berusaha melakukan penyempurnaan kurikulum dan model pembelajaran, melengkapi sumber daya manusia dan sarana prasarana untuk menyiapkan akreditasi Unggul,” katanya.

Untuk itu, dia menambahkan, FK Unusa mendukung dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk meraih prestasi di berbagai bidang, akademik maupun non-akademik.

Tercatat dari 26 peserta yang melakukan janji dan sumpah dokter adalah lulusan finalis lomba litarature review, Ibnu Sina Medical Competition 2020 di Universitas Muslim Indonesia Makassar..ada juga peraih pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) tahun 2020. Serta seorang atlit nasional ski air yang beberapa kali meraih prestasi di tingkat internasional.

Pada bagian akhir sambutannnya, Handayani mengingatkan, sejak mengucap janji dan sumpah, para lulusan telah resmi menyandang gelar dokter.

Itu merupakan gelar akademik yang telah mereka raih dengan penuh perjuangan, kelelahan, doa dan air mata. “Mulai hari ini Anda semua menjadi bagian dari tenaga dokter Indonesia yang memikul tanggung jawab untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di seluruh Indonesia,” jelasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Unusa FK Unusa Kedokteran sumpah dokter Surabaya NU NAHDLATUL ULAMA
04. Home Sidebar 1
06. Home Sidebar 3 04. Home Sidebar 1