Manfaat Keratin untuk Tampilan Rambut Indah

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

11 November 2023 00:01 11 Nov 2023 00:01

Thumbnail Manfaat Keratin untuk Tampilan Rambut Indah Watermark Ketik
Proses penataan rambut. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Rambut adalah mahkota bagi para wanita, dengan tampilan rambut yang sehat tentu akan menunjang penampilan menjadi lebih menarik.

Oleh karena itu banyak wanita yang melakukan banyak hal untuk merawat rambut. Salah satu zat pembentuk rambut yakni keratin merupakan pembentuk 90 persen dari komposisi rambut.

Oleh sebab itu zat ini sangat penting untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau. Namun karena banyak hal seperti pewarnaan, styling dengan penggunaan heat tools, penggunaan zat kimia pada rambut dapat merusak keratin, yang menyebabkan rambut menjadi rapuh.

“Menjaga kesehatan keratin adalah hal mutlak yang harus dilakukan agar rambut tetap kuat, sehat, dan berkilau. Hal ini menjadi perhatian Ree Derma untuk hanya menggunakan bahan alami dalam merawat keratin rambut, yakni dengan menghadirkan Ree Derma Herb Tonic," ucap Alexandra Putri sebagai Founder Ree Derma.

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai keratin rambut

1. Keratin Merupakan Protein Dasar Pembentuk Rambut

Keratin adalah protein alami yang ada pada rambut, kuku, dan gigi. Keratin pada rambut berperan untuk menjaga rambut tetap sehat dan berkilau. Namun, seiring bertambahnya usia, produksi protein alami dalam tubuh ini akan berkurang. Selain itu, gaya hidup juga memengaruhi kadar keratin yang diproduksi tubuh.

2. Sering digunakan untuk smoothing treatment 

Manfaat lain yang ditawarkan keratin adalah membuat rambut tampak lebih lurus. Secara alamiah, orang yang memiliki rambut lurus memiliki kadar protein alami lebih tinggi dibanding pemilik rambut keriting. Tidak heran, keratin juga kerap dimanfaatkan dalam proses smoothing.

3. Berguna melapisi rambut

Untuk mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau, protein alami pada rambut harus tetap terjaga. Sebab, 90 persen komponen rambut terdiri dari keratin dan protein satu ini berperan memberi lapisan perlindungan pada rambut. Apabila kekurangan keratin, kerusakan pada rambut akan semakin mudah terjadi.(*)

Tombol Google News

Tags:

Rambut keratin Penampilan smooting Perlindungan