Mau Beli Motor Listrik? Yuk Ketahui Dulu 3 Tips Penting dari Alessa Motors

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: M. Rifat

13 Juni 2024 12:02 13 Jun 2024 12:02

Thumbnail Mau Beli Motor Listrik? Yuk Ketahui Dulu 3 Tips Penting dari Alessa Motors Watermark Ketik
Itoo Candra D, Development Manager Alessa Motors saat berada di Pameran motor listrik Maspion Square Surabaya bersama Ketik Media (13/6/2024) (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Motor listrik kini menjadi alternatif kendaraan yang  jadi incaran banyak orang.

Selain minim perawatan, motor ini juga lebih ramah lingkungan ketimbang motor konvensional.

Bahkan untuk mendorong lebih banyak orang memiliki kendaraan tanpa emisi ini, sejak tahun lalu pemerintah sampai memberikan subsidi bagi siapa saja yang membeli motor listrik sebesar Rp7 juta.

Nah, bagi kalian yang ingin membeli motor listrik, ada hal penting yang harus diperhatikan. Apa saja itu? Yuk simak 3 tips dari Alessa Motors!

Tips Beli Motor Listrik

Itoo Candra D, Development Manager Alessa Motors menuturkan masih banyak masyarakat yang belum memiliki pengetahuan lebih soal motor listrik.

Banyak dari mereka tertarik membeli motor listrik tetapi tidak sesuai kebutuhan. Akibatnya sering merasa kecewa karena tidak sesuai ekspektasi yang diharapkan.

Mengatasi hal ini, sebagai brand motor ternama, Alessa Motors punya tips penting yang harus diperhatikan, yakni:

1.  Jenis Motor yang Dibutuhkan

Hal fundamental yang harus diperhatikan adalah pilih jenis motor sesuai kebutuhan.

Dengan kata lain, calon pembeli harus mengerti kebutuhannya apa lalu disesuaikan dengan jenis motor yang akan dipilih.

"Beli motor itu nggak soal pokoknya dinaiki, bukan seperti itu. Tapi harus tahu jenis motornya apa dan digunakan untuk apa?" jelas Itoo saat ditemui Ketik.co.id di Pameran Motor Listrik 2024 Maspion Square Surabaya, Kamis (13/6/2024).

Ia menjelaskan ada motor listrik yang sekali charge bisa 130 km, ada juga yang sekali charge cuma bisa 70 km.

"Seringkali orang beli tidak sesuai kebutuhan, makanya over ekspektasi. Itu yang sering dikeluhkan. Jadi perlu pengetahuan soal ini," lanjutnya.

2.  Jenis Baterai

Ada tiga jenis baterai yang wajib diketahui calon pembeli, yakni SLA, Lithium Ion, dan Lithium Ferro Phospate (LFP).

"Bedanya, baterai SLA ini berat sekali dan cenderung lebih murah. Lithium Ion ini lumayan, kepadatan energinya bagus tapi tidak bisa di charge cepat. Kalau di charge cepat bisa meledak. Makanya ditemukan baterai LFP, Nah LFP di tengahnya ada Ferrol, Ferrol itu kan sama dengan besi, jadi lebih aman untuk fast charging, " terang Itoo.

3. Dinamo Motor

Ia juga menjelaskan motor listrik memiliki dinamo yang berbeda-beda. Pembeli harus mengetahui ini supaya kapasitas tenaga motor listrik yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.

"Kaya dinamo ini, letaknya di dalam roda. Kapasitas tenaga motor listrik itu bergantung besarnya dinamo. Tapi dinamo ini bisa diakali gimana dinamo kecil tapi bisa lebih cepet, makanya dibuatlah gear box kaya gini," ucapnya sambil menunjukkan dinamo motor listrik Alessa EX3000.

Foto Tipe  Alessa Uno (kiri), Alessa Duo (tengah), dan Alessa EX 3000  (kanan) (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)Tipe Alessa Uno (kiri), Alessa Duo (tengah), dan Alessa EX 3000 (kanan) (Foto: Fatimah/Ketik.co.id)

Dari sini artinya pembeli harus melihat besarnya dinamo dengan satuan Watt. Pada motor listrik dimulai dari 800, 1000, 1500, 2000, 2500, 3000 bahkan sampai 8000 Watt.

"Tapi kalau ada yang bilang 800  Watt aja cukup, itu minusnya nggak bisa nanjak. Makanya harus tahu kebutuhannya untuk apa. Kalau mau jalan-jalan ke Pacet, itu butuh motor listrik tenaga besar," paparnya. 

Untuk fast charging sendiri, Itoo menjelaskan ditentukan oleh besarnya daya pengisian baterai. Jadi calon pembeli  wajib tahu besarnya Ampere pada motor listrik yang akan dibeli. Juga, harus mengerti jenis baterai pada motor listrik tersebut

"Yang bisa fast charging itu cuma Lithium Ferro Phospate (LFP)," pungkasnya.

Aman dari Banjir dan Air

Selain itu, menjawab keresahan masyarakat terkait motor listrik, ia mengatakan motor listrik ini cenderung aman terhadap air dan banjir. 

Pasalnya, baterai motor listrik selalu ditempatkan di atas sehingga aman saat banjir. Bagian dinamo motor juga dilengkapi water proof alias tahan air.

"Jadi nggak usah khawatir, nggak papa kena air. Bahkan kami kalau nge-tes itu langsung di rendam di air juga nggak papa," ungkapnya pada Ketik.co.id.

Ia juga menjelaskan motor listrik tidak akan nyetrum sebab arusnya bukan dari PLN, tapi dari aki. Aki itu bisa saja nyetrum tapi tidak seperti arus PLN yang berbahaya.

"Ya paling ada kejutan sedikit rasanya, beda sama PLN.  Jadi aman," ungkap Itoo.

Sebagai informasi, Alessa Motor memiliki tiga tipe motor terbaik yang bisa dipilih. Ada tipe Alessa Duo (dinamo 1000) , Alessa Uno (model vespa dinamo 1000), dan Alessa EX 3000 (dinamo 3000) yang cocok untuk area tanjakan.

Ada promo khusus tipe Alessa Uno hanya Rp9 jutaan dari Rp19,5 juta mulai bulan Mei sampai Agustus 2024. Yuk buruan! (*)

Tags:

Alessa Motors Tips beli motor listrik M aspion Square pameran motor listrik motor listrik