Mau Interview kerja, Perhatikan Outfitmu

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Marno

12 April 2024 14:05 12 Apr 2024 14:05

Thumbnail Mau Interview kerja, Perhatikan Outfitmu Watermark Ketik
Outfit sebelum interview kerja (ilustrasi: AXE)

KETIK, SURABAYA – Moment interview kerja menjadi salah satu yang hal menegangkan. Sehingga beberapa hal yang harus disiapkan untuk melakukan interview kerja.

Tidak hanya skill hingga pengetahuan tentang pekerjaan yang kamu lamar. Namun tidak jarang outfit atau pakaian yang harus disiapkan sebelum interview. Berikut ini tips outfit yang harus disiapkan sebelum interview kerja.

Tips Menentukan Pakaian atau Outfit untuk Interview Kerja

1. Kenakan Kemeja

Pakaian interview kerja pertama yang akan Glints berikan adalah untuk selalu mengenakan kemeja.
Kemeja atau baju berkancing dengan lengan yang panjang harus menjadi pilihan utama bagi kandidat yang hendak interview. 

Pasalnya, menurut laman Carling Partnership, jenis pakaian satu ini mampu memberikan kesan formal dan profesional.

Tak hanya itu, kemeja bisa menjadi pilihan yang tepat apabila kamu ingin tampak sederhana dan simpel di mata rekruter. Kemeja memiliki banyak bahan yang dapat kamu pilih, mulai dari katun, sifon, hingga sutra.

Namun, yang terpenting adalah untuk memilih kemeja dengan bahan yang kamu rasa paling nyaman. Dengan begitu, nanti proses interview dapat berjalan lebih mulus untukmu.

2. Hindari Bahan Denim

Tips berpakaian berikutnya yang harus kamu ketahui saat akan menjalankan interview adalah untuk menghindari bahan-bahan denim.

Sejatinya, pakaian berbahan denim akan membuatmu tampak modis. Tak hanya itu, ia bisa dikenakan pada hampir semua situasi. Meskipun demikian, pakaian dengan bahan tersebut sebaiknya perlu kamu hindari saat akan wawancara dengan perusahaan.

Sebab, bahan tersebut tidak akan memberikan kesan formal dan pada dasarnya mudah kusut sehingga bisa merusak penampilanmu.  Daripada menggunakan pakaian berbahan denim, sebaiknya kamu kenakan celana atau baju bahan lain yang memiliki kesan profesional.

3. Kenakan Jas atau Kardigan

Bila kamu ingin terlihat lebih rapi, mengenakan jas atau kardigan bisa menjadi tips berpakaian yang apik saat interview.  Kedua item fashion ini sejatinya mampu menjadi atribut pelengkap yang pas untuk menghadiri sesi wawancara dengan rekruter.

Ketika mengenakannya, kamu pun akan terkesan lebih profesional dan percaya diri di mata pihak perusahaan. Yang perlu kamu ingat adalah untuk menghindari motif atau warna jas yang terlalu menonjol. Jas berwarna gelap dengan kemeja putih adalah pilihan yang paling aman.

4. Perhatikan Motif pada Pakaian

Aturan pakaian interview kerja yang kerap dilupakan oleh para kandidat adalah mengenai motif pada pakaian.

Sebenarnya, menggunakan kemeja bermotif bukanlah sebuah pantangan. Akan tetapi, kamu perlu memerhatikan bentuk motifnya.

Apabila motif tampak terlalu meriah dan mencolok, pakaianmu hanya akan mengganggu fokus rekruter selama berjalannya interview.

Sebagai saran, hindari motif bunga, binatang, atau bentuk-bentuk abstrak dengan warna cerah. Pakailah kemeja dengan motif yang sederhana, seperti garis-garis atau polkadot.

5. Perhatikan Warna Pakaian

Tips menentukan pakaian interview kerja selanjutnya adalah memerhatikan warna kemeja dan celana. Mengapa demikian? Sebab, menurut The Undercover Recruiter, kandidat perlu memikirkan kembali psikologi warna yang ditampilkan pakaian mereka.

Meskipun terkesan sepele, hal ini sejatinya cukup penting untuk diperhatikan, terutama bila kamu ingin memberikan kesan terbaik selama wawancara.

Nah, berikut ini adalah beberapa contoh dari kesan yang ditampilkan oleh warna-warna pada pakaianmu.

• Biru: Memberikan kesan percaya diri, kejujuran, kesetiaan, dan kestabilan.

• Hitam: Merepresentasikan kekuatan dan sifat kepemimpinan yang baik.

• Abu-abu: Memberikan kesan profesional yang baik.

• Cokelat: Pengguna akan tampak percaya diri, dapat diandalkan, dan fleksibel.

6. Hindari Aksesori yang Berlebihan

Cara berpakaian untuk interview kerja yang ideal adalah yang terlihat rapi dan minimalis.
Maka dari itu, tips pakaian interview kerja terakhir yang perlu kamu ketahui adalah untuk tidak mengenakan aksesori secara berlebihan.

Aksesori memang akan membuatmu tampak lebih menarik. Namun, mengenakannya bukanlah hal yang direkomendasikan saat akan menjalankan interview.
Pasalnya, menurut laman The Undercover Recruiter, mengenakan aksesori secara berlebihan akan membuatmu tampak tak profesional.

Apabila ingin menggunakan aksesori, kenakanlah jam berwarna atau perhiasan sekucupnya. Hindari gelang atau anting emas yang hanya akan mengganggu fokus rekruter. (*)

Tombol Google News

Tags:

Outfit interview kerja Interview Kerja kerja Lowongan Kerja