Melihat Keindahan Biota di Taman Laut Bunaken

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

14 Februari 2024 03:03 14 Feb 2024 03:03

Thumbnail Melihat Keindahan Biota di Taman Laut Bunaken Watermark Ketik
Keindahan Taman Laut Bunaken dilihat dari udara (Foto: Balai Taman Nasional Bunaken)

KETIK, MANADO – Sebagai negara maritim, Indonesia dikenal memiliki wilayah laut yang sangat luas. Laut tersebut memiliki keragaman hayati yang sangat kaya, salah satunya seperti yang ada di Taman Laut Bunaken.

Taman Laut Bunaken dikenal memiliki air yang jernih dan suhu yang hangat, hal tersebut menyebabkan Bunaken memiliki formasi dan variasi struktur flora dan biota laut yang sangat kaya. Dengan 90 spesies ikan dan 390 terumbu karang yang menakjubkan, Taman Laut Bunaken menjadi spot freediving terbaik di Indonesia.

Ekosistem di Bunaken dikenal sangat unik, terutama dilihat dari susunan berbagai jenis karang batu (hermatipik), dan aneka ragam warna-warni ikan hias menempati koloni karang Stylophora, dan biota laut lainnya.

Ketika air laut surut, karang-karang di zona pasang surut terlihat begitu kokoh ditinggalkan air laut yang menggenanginya; terbentang dari barat ke timur sampai batas surut maksimum, dengan hamparan yang panjangnya kurang dari 1 kilometer. Siapa pun yang menyaksikan pasti akan kagum.

Terdapat pula Sachiko Point yang merupakan lokasi penyelaman lepas pantai yang berada di sebelah timur. Pada kedalaman 15 kaki di dekat puncak karangnya terdapat alcyonarian jingga dan koloni sweepet emas. Sedangkan di sebelah barat terdapat lokasi penyelaman yang bernama Mike Point. Di sekitarnya terdapat gorgonia yang besar dan pelangi-pelangi karang yang lembut dan belut pita biru yang aneh.

Pemandangan bawah laut yang menarik juga terdapat di sudut barat daya. Di sana ada tiga tempat penyelaman yang dikenal dengan nama Alung Banua, Mandolin dan Fukui. Ketiganya merupakan lokasi penyelaman favorit pada waktu air surut untuk menemukan stingray berbintik biru dan kura-kura howkstill.

Sebagai tujuan wisata fasilitas di Bunaken bisa dibilang sudah cukup lengkap. Terdapat beberapa resort dan homestay dapat ditemui di Pulau Bunaken, menyediakan penginapan dengan pemandangan indah dan fasilitas yang nyaman.

Pilihan restoran yang menyajikan hidangan laut segar turut menambah kenyamanan wisatawan. Taman Laut Bunaken di Sulawesi Utara bukan hanya destinasi freediving terbaik di Indonesia, tetapi juga menyajikan keindahan alam yang memukau di atas dan di bawah permukaan laut.(*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata Taman Laut Bunaken Keindahan biota laut karang Menyelam Koral