Memasuki Musim Hujan, BPBD Kota Malang Catat Lima Peristiwa Pohon Tumbang dalam Sepekan

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

26 September 2024 13:28 26 Sep 2024 13:28

Thumbnail Memasuki Musim Hujan, BPBD Kota Malang Catat Lima Peristiwa Pohon Tumbang dalam Sepekan Watermark Ketik
Proses evakuasi pohon tumbang oleh BPBD Kota Malang dan tim. (Foto: BPBD Kota Malang)

KETIK, MALANG – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Malang telah mencatat peristiwa pohon tumbang di lima titik. Peristiwa tersebut terjadi sepanjang 21-25 September 2024.

Berdasarkan laporan dari Kepala Pelaksanan BPBD Kota Malang, Prayitno, pohon tumbang terjadi di Jalan Simpang Wilis Indah, Jalan Andalas Tengah, Jalan Ikan Tomboro Timur, Jalan Arif Rahman Hakim, dan Jalan Menari.

Pada peristiwa di Jalan Simpang Wilis, pohon flamboyan setinggi 10 meter dengan diameter 40 sentimeter tumbang hingga menutupi jalan. Akibatnya akses jalan tidak dapat dilalui untuk sementara waktu hingga evakuasi selesai dilakukan.

Tak hanya itu, pohon tumbang juga menimpa satu unit mobil di Jalan Ikan Tombro Timur. Beruntungnya penanganan dan asesmen dapat segera dilakukan oleh tim.

"Kejadiannya 24 September 2024 kemarin siang kan Kota Malang diguyur hujan lebat disertai angin kencang seasaat. Akhirnya pohon berjenis sono kembang itu tumbang menimpa satu mobil pickup di Jalan Ikan Tombro Timur. Dilaporkan pukul 13.39 dan selesai 14.49 WIB," lanjutnya.

Peristiwa pohon tumbang di titik lainnya juga berdampak pada kerusakan ringan bangunan di sekitar lokasi. Seperti di Jalan Arif Rahman Hakim dan Jalan Menarik, Kelurahan Kasin pada 25 September 2024.

Kejadian tersebut membuat atap warung di Jalan Arif Rahman Hakin mengalami kerusakan. Selain itu arus listrik di lokasi kejadian harus diputus sementara untuk keamanan dalam penanganan.

"Sedangkan di Jalan Menari itu, sebagai dampak hujan lebat dan angin kencang pohon berjenis Chery tumbang dan menimpa atap kanopi di Jalan Menari. Selain melakukan asesmen di lokasi, kami juga melakukan evakuasi pohon tumbang bersama DLH Kota Malang dan relawan," tambahnya.

Akibat serangkaian peristiwa tersebut, BPBD Kota Malang mengimbau agar masyarakat terutama pengguna jalan dapat lebih berhati-hati. Ia juga berharap DLH Kota Malang dapat melakukan pemangkasan secara berkala terhadap dahan-dahan pepohonan.

"Rekomendasinya untuk melakukan pembersihan potongan bagian pohon yang tersisa. Termasuk dengan memantau dan memangkas pohon yang rawan patah dan rumbang oleh DLH Kota Malang," tutupnya.

Berikut adalah rangkuman peristiwa pohon tumbang yang terjadi di Kota Malang:
1. Jalan Simpang Wilis Indah - Sabtu, 21 September 2024 (pohon flamboyan tumbang).
2. Jalan Andalas Tengah - Senin, 23 September 2024 (dahan pohon trembesi patah).
3. Jalan Ikan Tombro Timur - Selasa, 24 September 2024 (pohon sono kembang tumbang).
4. Jalan Arif Rahman Hakim - Rabu, 25 September 2024 (pohon beringin tumbang).
5. Jalan Menari - Rabu, 25 September 2024 (pohon chery tumbang).(*)

Tombol Google News

Tags:

pohon tumbang Musim Hujan Kota Malang BPBD Kota Malang bencana alam