Menikmati Suasana Estetik Sore Hari di Kawasan Stasiun Rewulu Bantul

Jurnalis: Abdul Aziz
Editor: M. Rifat

22 Februari 2024 13:24 22 Feb 2024 13:24

Thumbnail Menikmati Suasana Estetik Sore Hari di Kawasan Stasiun Rewulu Bantul Watermark Ketik
Kemeriahan di kawasan sebelah timur Stasiun Rewulu, Bantul (22/2/2024). (Foto: Abdul Aziz/Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Stasiun Rewulu merupakan satu-satunya stasiun kereta api yang masih aktif di  Kabupaten Bantul. Stasiun kereta api barang kelas I ini berada di wilayah Bantul paling utara. Persisnya terletak di Kalurahan Argomulyo, Sedayu, Bantul dan merupakan satu satunya stasiun kereta api yang masih eksis hingga saat ini yang ada di wilayah Kapanewon (Kecamatan) Sedayu.

Berada di ketinggian 88 mdpl, keberadaan Stasiun Rewulu berada di bawah naungan PT KAI (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta. Setiap harinya terdapat puluhan kereta api yang melintas di depan stasiun yang berada di jalur selatan Jawa ini. Namun, Stasiun Rewulu bukan merupakan stasiun naik-turun penumpang.

Di kawasan ini terdapat beberapa spot yang bagus dan menarik untuk di kunjungi. Tempatnya cocok untuk bersantai pada sore hari sembari menikmati indahnya matahari tenggelam. Lokasi tersebut berada di sebelah timur Stasiun dan di sisi sebelah barat Stasiun.

Setiap sore banyak orang tua yang mengajak anak-anaknya bermain di kawasan ini. Sementara di kedua spot tadi banyak dijumpai para pedagang makanan, mainan. Ada juga wahana permainan yang dapat dinikmati oleh anak-anak dengan harga yang terjangkau. Di antaranya balon berbentuk istana, odong-odong, kereta mini dan sebagainya.

Meskipun kelihatan sederhana, namun suasana seperti ini ternyata dapat menyenangkan bagi anak-anak. Terbukti, setiap sore tempat ini tidak pernah sepi dari kehadiran mereka. Terlebih lagi pada saat akhir pekan tiba.

Di samping menikmati permainan yang ada, biasanya anak-anak sekaligus disuapi makan oleh orang tuanya. Menariknya lagi, selain bisa bermain di tempat ini, mereka  bisa melihat setiap kali ada Kereta Api lewat. Baik Kereta Api penumpang ataupun hilir-mudik rangkaian gerbong tangki BBM (ketel) dari atau yang mengarah ke Depo Pertamina Rewulu.

Foto Keberadaan para pedagang makanan di sebelah barat Stasiun Rewulu. (Foto: Abdul Aziz / Ketik.co.id)Keberadaan para pedagang makanan di sebelah barat Stasiun Rewulu (22/2/2024). (Foto: Abdul Aziz/Ketik.co.id)

Sementara para penjual yang mengais rejeki di tempat tersebut antara lain menjajakan bakso tusuk, cilor, bakso bakar, crepes, telur gulung, angkringan dan sebagainya. Selain mengundang selera harga yang dibandrol juga bersahabat.

"Menurut kami kawasan Stasiun Rewulu memang cocok jadi tempat bermain untuk segala usia. Di sini, terdapat banyak hiburan dan jajanan buat anak-anak. Tempatnya estetik buat pecinta fotografi. Sekaligus salah satu spot terbaik untuk menonton Kereta Api," terang pengunjung yang mengaku bernama Candra warga Godean, Sleman.

Sedangkan salah satu pedagang yang mengaku bernama Wardi, Kamis (22/2/2024) menyebutkan tempat tersebut kini semakin bertambah ramai. Menurut Wardi, semula konsentrasi para pengunjung berada disebelah barat Stasiun Rewulu.

Namun, setelah adanya larangan mangkal bagi para pedagang dan aneka permainan di kawasan Stasiun Patukan, Gamping, Sleman, mereka yang semula memburu rezeki setiap sore hari di Stasiun Patukan kemudian memilih pindah ke kawasan Stasiun Rewulu yang berjarak sekitar 6,2 Km jauhnya. Kepindahan mereka ternyata diikuti oleh para pelanggannya.

Terbukti saat ini tidak hanya warga Sedayu Bantul dan sekitarnya saja yang berkunjung di kawasan Stasiun Rewulu setiap sore harinya. Namun, semakin banyak para pengunjung yang datang dari jarak cukup jauh dari lokasi ini. Mereka terlihat santai melepas lelah sembari menikmati sore hari, di satu-satunya Stasiun yang masih aktif yang ada di wilayah Bantul ini. (*)

Tombol Google News

Tags:

Wisata Stasiun Rewulu Stasiun Aktif di Bantul Melepas Sore Hari Odong-odong KAI Daops 6 Stasiun Patukan DIY