Menjaga Kesehatan Kulit Saat Cuaca Panas, Lakukan Ini Agar Kondisi Terjaga

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Muhammad Faizin

7 Oktober 2023 11:40 7 Okt 2023 11:40

Thumbnail Menjaga Kesehatan Kulit Saat Cuaca Panas, Lakukan Ini Agar Kondisi Terjaga Watermark Ketik
Dokter Estetika, dr Daniel Widiyanto, Sp. And. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Cuaca panas yang melanda berbagai kota di Indonesia akhir-akhir ini tentu dapat mengganggu kondisi kesehatan tubuh kita, tidak terkecuali kulit. Sebagai organ terluar dari tubuh, tentu saja kulit yang akan lebih dulu merasakan efeknya. 

Pakar estetika dari Facena Beauty Clinic dr Daniel Widiyanto, Sp. And, mengatakan hal ini dapat merusak skin barrier kulit karena efek sinar UV yang berlebihan. Selain itu juga membuat kulit kekurangan cairan karena penguapan.

"Jadi memang di cuaca panas seperti saat ini kulit kita rentan akan pengaruh buruk dari sinar matahari, salah satunya kulit kering akibat kekurangan cairan," jelasnya Daniel saat ditemui oleh media online nasional Ketik.co.id, Sabtu (7/10/2023)

Berangkat dari hal tersebut dokter Daniel memberikan sejumlah tips untuk menjaga kesehatan kulit ditengah panasnya suhu Kota Surabaya akibat fenomena alam El Nino.

1. Jangan Lupa Gunakan Sunblock 

Menghadapi cuaca panas saat ini hal pertama yang harus dilakukan adalah rutin menggunakan sunblock. Hal ini sangat penting karena sinar matahari mengandung UV yang dapat merusak kulit. 

Gunakan sunblock sebanyak 2 ruas jari untuk mendapatkan perlindungan maksimal dari sinar UV. Selain itu secara rutin aplikasikan ulang sunblock antara rentang waktu 2 hingga 3 jam sekali.

2. Gunakan Moisturizer untuk Melembabkan Kulit

Saat terpapar cuaca panas tubuh akan rentan kehilangan cairan. Hal ini juga terjadi pada kulit, jika kulit sampai kekurangan cairan maka akan membuatnya menjadi kering dan kusam. Oleh sebab itu penting untuk mengaplikasikan mousturizer atau pelembab ke kulit untuk menjaganya tetap terhidrasi.

Gunakan pelembab sesuai dengan jenis kulit seperti kulit kering kulit berminyak dan kulit kombinasi. Selain menjaga kadar air, pelembab juga dapat menjaga skin barrier kulit agar tetap dapat melindungi kulit dari pengaruh eksternal.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, saat cuaca panas kulit akan rentan kehilangan cairan. Oleh sebab itu selain menjaganya dengan menggunakan pelembab, usahakan anda juga mengimbanginya dengan konsumsi air putih yang cukup. Hal ini untuk menjaga kadar air di dalam tubuh terutama kulit.

4. Hindari Perilaku yang Memperparah Kondisi Kulit

Saat menghadapi cuaca panas ada baiknya kita mengubah kebiasaan dengan menghindari hal-hal yang justru memperparah kondisi kulit kita. Seperti merokok, minuman beralkohol dan mandi menggunakan air yang terlalu panas. Hal ini nantinya justru akan berefek buruk pada kondisi kulit.(*)

Tombol Google News

Tags:

cuaca panas Kesehatan kulit dr Daniel Widiyanto Facena Beauty Clinic Sinar UV Sunblock Moisturizer