Museum SBY-Ani di Pacitan Resmi Dibuka 17 Agustus Mendatang

Jurnalis: Al Ahmadi
Editor: M. Rifat

17 Juli 2023 13:46 17 Jul 2023 13:46

Thumbnail Museum SBY-Ani di Pacitan Resmi Dibuka 17 Agustus Mendatang Watermark Ketik
Museum dan Galeri Seni SBY-ANI di Pacitan selesai dibangun dan menunggu dibuka untuk masyarakat umum. (Foto: Al Ahmadi/Ketik.co.id)

KETIK, PACITAN – Museum dan Galeri Seni SBY-ANI Pacitan, Jawa Timur telah rampung digarap. Direktur Eksekutif Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, Ossy Dermawan menyampaikan tempat megah nan estetik tersebut rencananya bakal dibuka dan diresmikan pada 17 Agustus 2023 mendatang, bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Museum dan Galeri Seni SBY-ANI ini telah rampung pengerjaannya baik sisi eksterior maupun interior," jelas Ossy Dermawan, Senin, (17/7/2023), dilansir Prokopim Pacitan.

Sementara itu, lanjut Ossy, gelar uji coba kunjungan publik telah dilakukan Senin, hari ini (17/7/2023). Hal itu dilakukan sebagai langkah awal dan menjajaki kesiapan pihak museum sebelum dibuka untuk umum.

Ossy berharap, melalui uji coba tersebut, peserta dapat turut mensosialisasikan museum kepada khalayak ramai.

"Kami sengaja memberi kesempatan kepada Bupati dan jajaran sebagai bentuk apresiasi atas dukungan dan sinergitas yang terjalin demi terwujudnya pembangunan museum," ungkap Ossy.

Diketahui, tamu kehormatan yang merasakan pertama kali mengunjungi museum diantaranya adalah Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji beserta jajaran Forkopimda, camat, para pengawas sekolah, lurah dan kepala desa.

Foto Nampak sumringah, rombongan kunjungan perdana tengah melihat lihat koleksi di dalam Museum. (Foto: Prokopim Pacitan)Rombongan kunjungan perdana Museum SBY-ANI melihat lihat koleksi di dalam Museum. (Foto: Prokopim Pacitan)

Perwakilan keluarga sekaligus Anggota DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono mengungkapkan Museum dan galeri seni ini merupakan hadiah dari rasa syukur, serta kecintaan Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan istri Ani Yudhoyono (almarhumah) kepada masyarakat Indonesia khususnya warga Pacitan.

"Semoga museum dan galeri seni SBY-ANI ini abadi menjadi rumah terbuka untuk siapapun, menjadi tempat inspirasi dari seluruh masyarakat Indonesia," tegas Ibas sapaan akrabnya.

Ibas berharap, berdirinya museum tersebut dapat mengangkat nama Pacitan ke kancah nasional maupun internasional, terlebih mampu memajukan perekonomian masyarakat sekitar.

Disamping itu, Bupati Pacitan meyakini, lokasi museum yang sangat strategis yakni di Jalur Lintas Selatan (JLS) Pacitan, bakal mendukung dan mendongkrak kunjungan wisata Pacitan.

"Ini selaras dengan visi misi pemerintah Kabupaten Pacitan yang menjadikan pariwisata sebagai lokomotif perekonomian," ungkap Aji.

Sebagai informasi, uji coba kunjungan publik museum itu berlangsung selama 2 hari dengan tamu terbatas. Dalam kesempatan berharga tersebut, pengunjung diajak tour melihat-lihat aneka ragam biografi perjalanan karier SBY dan koleksi hasil karya seni Ani Yudhoyono, yang akan dipandu langsung Direktur Eksekutif Museum Ossy Dermawan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Museum SBY*ANY Pacitan pacitan EBY Bupati Pacitan