Nama Sekda Kota Malang Diusulkan Menjadi Pengganti Pj Wahyu Hidayat

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

19 Juli 2024 10:47 19 Jul 2024 10:47

Thumbnail Nama Sekda Kota Malang Diusulkan Menjadi Pengganti Pj Wahyu Hidayat Watermark Ketik
Sekda Kota Malang, Erik Setyo Santoso. (Foto: Instagram @eriksetyo)

KETIK, MALANG – Ketua DPRD Kota Malang, I Made Riandiana Kartika telah mengusulkan calon tunggal untuk menjadi Pj Wali Kota Malang. Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang, Erik Setyo Santoso menjadi satu-satunya nama yang diusulkan menggantikan Wahyu Hidayat.

Usulan tersebut sebagai respon atas pengajuan pengunduran diri Wahyu Hidayat sebagai Pj Wali Kota Malang untuk maju pada kontestasi Pilkada 2024 Kota Malang.

"Kita kemarin sudah usulkan, ada calon tunggal yang kita usulkan. Bapak Erik Setyo Santoso," ujar Made, Jumat (19/7/2024).

Perlu diketahui bahwa Erik juga termasuk dalam tiga nama yang dulu diusulkan menjadi calon Pj Wali Kota Malang bersama Wahyu Hidayat dan Diah Ayu Kusuma Dewi yang kini menjadi Asisten I.

Awalnya DPRD Kota Malang hendak mengusulkan Erik dan Diah kepada Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI. Namun Made menjelaskan berdasarkan aturan yang ada, nama yang diusulkan minimal merupakan Sekretaris Daerah.

Mengingat dalam waktu dekat akan dilakukan pembahasan APBD Perubahan, maka sosok yang dipilih harus mengerti seluk beluk penganggaran dan kondisi di lingkungan pemerintah Kota Malang.

"Sekarang masa krusial pembahasan APBD perubahan dan APBD murni, kalau yang muncul dari provinsi dan Kemendagri kita harus adaptasi lagi. Kalau dengan Pak Erik sebagai ketua TAPBD kita sudah tinggal jalan saja. Kita usulkan calon tunggal saja," paparnya.

Erik dinilai sebagai orang yang tepat untuk menjadi Pj Wali Kota Malang pengganti Wahyu Hidayat. "Saya yakin Pak Erik akan lebih baik dari Pj sekarang," tegasnya.

Sementara itu, Wahyu Hidayat juga menganggap Erik merupakan sosok ideal dan tidak perlu memakan waktu panjang untuk beradaptasi. Apabila usulan DPRD Kota Malang disetujui, maka akan ditunjuk Plt Sekda Kota Malang.

"Pj besok hanya sebentar, kalau memang ada orang yang baru adaptasinya lebih sulit, kasihan. Lebih baik yang sudah bersama kami dengan DPRD yang sudah berseiring, sejalan sesuai dengan keinginan masyarakat sampai ada wali kota baru," tutur Wahyu.(*)

Tombol Google News

Tags:

pj wali kota malang Kota Malang sekda kota malang Erik Setyo Santoso DPRD Kota Malang