Pansel Kantongi 30 Nama Pendaftar Calon Dirut Perumda Tugu Tirta

Jurnalis: Lutfia Indah
Editor: Mustopa

10 Juni 2024 11:20 10 Jun 2024 11:20

Thumbnail Pansel Kantongi 30 Nama Pendaftar Calon Dirut Perumda Tugu Tirta Watermark Ketik
Perwakilan Perumda Tirta Kanjuruhan saat mendatangi lokasi pendaftaran Calon Dirut Perumda Tugu Tirta. (Foto: Lutfia/Ketik.co.id)

KETIK, MALANG – Pendaftaran calon Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah (Dirut Perumda) Air Minum Tugu Tirta berakhir pada Senin (10/6/2024). Hingga kini panitia seleksi telah mengantongi 30 nama pendaftar.

Ketua Pansel Perumda Tugu Tirta, Muhammad Bisri menjelaskan, calon yang mendaftar tidak hanya dari Kota Malang, tetapi dari berbagai daerah.

"Sementara ini ada yang dari Medan, Ciamis, Tanggerang, Bekasi, Sidoarjo, Kotabaru, Kota Malang, Kabupaten Malang. Namun untuk yang terbanyak dari Kabupaten Malang dan Kota Malang," ujar Prof Bisri, Senin (10/6/2024).

Para peserta yang telah mengumpulkan berkas pencalonan akan dilakukan tiga tahapan seleksi. Pertama ialah seleksi administrasi, dilanjutkan dengan Uji Kepatutan dan Kelayakan (UKK), serta wawancara dengan Pj Wali Kota Malang.

"Jumlahnya bisa mengerucut ke berapa, itu tergantung nanti. Kalau memang lolos semua ya bisa ke tahap selanjutnya. Nanti kami rapatkan di Pansel siapa yang sudah memenuhi syarat administrasi untuk lolos dan diumumkan," lanjutnya.

Jika nantinya ditemukan calon yang telah memiliki sertifikat kompetensi, tetap diwajibkan untuk mengikuti uji kompetensi. Bisri mengatakan bahwa sertifikat tersebut hanya menjadi syarat yang menunjukkan bahwa para calon telah berkompeten di bidangnya.

"Dia mempunyai sertifikat itu kan menjadi salah satu syarat bahwa mereka kompeten. Tapi lainnya nanti ada penilaian dari presentasi dari makalah dan wawancara pansel, kemudian dari psikotes," tambahnya.

Pemilihan calon Dirut Perumda Tugu Tirta rupanya juga menarik perhatian Perumda Tirta Kanjuruhan, Kabupaten Malang. Syamsul Hadi selaku Dirut Perumda Tirta Kanjuruhan telah menyiapkan 14 pejabat untuk masuk dalam bursa penjaringan.

"Seluruh pejabat struktural kami telah bersertifikat manajemen air minum, baik di tingkat Muda ataupun Madya yang diterbitkan Lembaga Sertifikat Profesi Air Minum Indonesia (LSP AMI)," ujarnya.

Terlebih saat ini antara Perumda Tugu Tirta dan Tirta Kanjuruhan telah terikat perjanjian kerja sama dalam pemanfaatan air baku dari Sumber Wendit dan Sumber Pitu. Alhasil momen tersebut sekaligus dimanfaatkan sebagai kesempatan pejabat Perumda Tirta Kanjuruhan menambah pengalaman.

"Perumda Tirta Kanjuruhan telah mempersiapkan 14 pejabat tersebut dengan baik. Jadi siapapun pejabat Perumda Tirta Kanjuruhan yang berhasil lolos dalam seleksi ini akan kami dukung sepenuhnya," tutupnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Perumda Tirta Kanjuruhan Perumda tugu tirta Kota Malang Seleksi Dirut Perumda Tugu Tirta