Pastikan Keamanan Lebaran, Polres Kediri Gelar Apel Operasi Ketupat Semeru 2024

Jurnalis: Isa Anshori
Editor: Naufal Ardiansyah

3 April 2024 06:50 3 Apr 2024 06:50

Thumbnail Pastikan Keamanan Lebaran, Polres Kediri Gelar Apel Operasi Ketupat Semeru 2024 Watermark Ketik
Apel gelar pasukan operasi ketupat Semeru di Mapolres Kediri, Rabu (3/4/2024). (Foto: Isa/Ketik.co.id)

KETIK, KEDIRI – Polres Kediri menggelar apel gelar pasukan operasi ketupat Semeru 2024 dalam rangka pengamanan arus lalu lintas jelang lebaran Idul Fitri, Rabu (3/4/2024).

Rencananya operasi tersebut akan dijadwalkan mulai dari 4 hingga 16 April 2024 mendatang. Kegiatan apel yang digelar di Halaman Mapolres Kediri ini diikuti oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Kediri.

Kapolres Kediri, AKBP Bimo Ariyanto saat menjadi inspektur upacara menyampaikan bahwa apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan siagaan anggota dalam pelaksanaan Operasi Ketupat 2024.

"Hari ini apel dalam rangka operasi ketupat 2024, sasarannya adalah seluruh masyarakat agar bisa mudik dengan aman dan nyaman," katanya. 

Dalam kesempatan itu, AKBP Bimo menjelaskan jika dua titik prioritas yang menurutnya perlu menjadi perhatian lalulintas dalam mudik 2024 kali ini. Titik tersebut adalah Mengkreng dan Kandangan. 

"Karena di Mengkreng sendiri ada perlintasan kereta api dan pemberhentian bus. Sementara di Kandangan adalah arah menuju kabupaten Batu dan Jombang," jelasnya.

Bimo menyebut dalam arus mudik tahun 2024 ini, pihaknya memprediksi akan terjadi peningkatan arus lalu lintas pada H-3 lebaran. Bahkan menurutnya, peningkatan volume kendaraan akan terjadi hingga 50 persen dari hari biasa.

"Di tahun 2023 adalah percobaan pasca pandemi, melihat keadaan tersebut sudah banyak masyarakat yang melakukan mudik, maka dari itu di tahun 2024 sudah dipastikan akan ada kenaikan volume. Nanti mungkin puncaknya di H-3 Idul Fitri," papar Bimo.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat Kediri yang sedang mudik pada jalur darat, agar selalu waspada dan berhati-hati dalam berkendara. Para pemudik juga bisa beristirahat di beberapa pos pengamanan yang telah disiapkan di wilayah hukum Polres Kediri. 

"Saya mengimbau kepada masyarakat di Kabupaten Kediri untuk selalu menaati peraturan di lalulintas, agar kita semua bisa saling mewujudkan mudik lebaran yang aman dan nyaman," pungkas AKBP Bimo. (*)

Tombol Google News

Tags:

Apel Gelar Pasukan Polres Kediri Operasi Ketupat Semeru Kediri hari ini kediri