Pastikan PPDB SMA/SMK Lancar, Khofifah Datangi TIKP Dindik Jatim

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Marno

20 Juni 2023 14:04 20 Jun 2023 14:04

Thumbnail Pastikan PPDB SMA/SMK Lancar, Khofifah Datangi TIKP Dindik Jatim Watermark Ketik
Gubernur Khofifah saat memantau pelayanan PPDB di Kantor UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Selasa (20/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memantau langsung proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA dan SMK Negeri di Jatim, khususnya Kota Surabaya dan sekitarnya, Selasa (20/6/2023). Hal ini dilakukan untuk memastikan proses PPDB berjalan lancar dan aman.

Setiba di lokasi Kantor UPT Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan (TIKP) Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Jalan Jagir Sidoresmo V Surabaya. Khofifah langsung menemui para wali murid untuk menanyakan apakah ada kendala selama mengikuti proses PPDB.

Tidal hanya sekedar bertanya kepada wali murid, Khofifah juga meninjau ruangan call center dan menyapa para petugas operator yang bertugas. Keberadaan ruangan call center ini sangat penting mengingat saat ini PPDB dilaksanakan secara online.

"Macam-macam keluhannya tapi sebagian besar permasalahan yang sering muncul adalah PIN belum terbit karena salah atau kurang berkas,” tegasnya.

Untuk melayani keluhan masyarakat Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur menyediakan posko layanan di seluruh SMA/SMK Negeri di Jatim, 24 kantor Cabang Dinas Pendidikan Jatim, Kantor UPT TIKP Jl. Jagir Sidoresmo V Surabaya, dan Kantor pusat Disdik Jatim Jl. Gentengkali no 33 Surabaya.

"Jadi ini bagian dari kami memastikan bahwa segala kendala dalam proses PPDB ini harus selesai dengan tuntas dan proses PPDB dapat berjalan lancar,” katanya.

Untuk itu, Khofifah mengimbau para orang tua dari calon peserta didik untuk tak ragu mengakses berbagai posko pelayanan PPDB yang telah disiapkan Dinas Pendidikan Jatim bila menemui kendala dalam proses PPDB. Baik datang langsung ataupun menghubungi call center. 

"Silakan kepada seluruh wali murid calon peserta didik, apabila ada kendala dalam proses PPDB secara online ini segera mendatangi kantor-kantor pelayanan yang sudah disiapkan Dinas Pendidikan Jatim," jelas Khofifah.

Foto Gubernur Khofifah berbincang dengan para wali murid terkait kendala PPDB 2023, Selasa (20/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)Gubernur Khofifah berbincang dengan para wali murid terkait kendala PPDB 2023, Selasa (20/6/2023). (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

Sementara itu, salah satu calon peserta didik yang datang ke kantor pelayanan PPDB di UPT TIKP ini yakni Isma, lulusan SMPN 15 Surabaya. Ia menyampaikan kendalanya soal pin yang tidak bisa diakses.

“Jadi PIN saya ini kok salah terus padahal sudah sesuai. Tadi saya diterima petugasnya langsung. Alhamdulillah petugasnya juga ramah, pelayanannya juga baik tidak ribet,” pungkasnya.

Sebagai informasi, PPDB jenjang SMA dan SMK Negeri di Jatim terdapat lima tahap. Tahap 1 berlangsung tanggal 19-20 Juni 2023. Tahap 1 meliputi jalur afirmasi 15% dari pagu sekolah yang terbagi atas keluarga tidak mampu dan Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) sebanyak 7%, Anak buruh dari keluarga tidak mampu sebanyak 5%, dan penyandang disabilitas sebanyak 3% dari pagu sekolah.(*)

Tombol Google News

Tags:

PPDB SMA/SMK Dinas Pendidikan Jatim Gubernur Khofifah Pendaftaran Pendidikan