Pembangunan Jalan Produksi Desa Sambiki Kecamatan Obi Halsel Dongkrak Ekonomi Masyarakat

Jurnalis: Mursal Bahtiar
Editor: M. Rifat

21 Oktober 2024 10:54 21 Okt 2024 10:54

Thumbnail Pembangunan Jalan Produksi Desa Sambiki Kecamatan Obi Halsel Dongkrak Ekonomi Masyarakat Watermark Ketik
Beberapa anggota kelompok Tani Sambiki Maju saat menyelesaikan sisa pekerjaan jalan (Foto: Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

KETIK, HALMAHERA SELATAN – Pembangunan jalan tani atau jalan produksi di desa akan sangat membantu masyarakat dalam mempercepat mobilitas sarana pertanian maupun hasil perkebunan. Seperti pembangunan jalan produksi yang dilaksanakan di Desa Sambiki Kecamatan Obi Kabupaten Halmahera Selatan.

Jalan Produksi di desa Sambiki Obi yang sedang dibangun ini bersumber dari anggaran DAK tahun 2024 melalui Dinas Pertanian Halmahera Selatan dengan volume 300 meter panjang dan lebar 3 meter dengan total anggaran 285 juta rupiah.

Jalan produksi ini juga dikerjakan secara suakelola oleh kelompok tani Sambiki Maju dengan waktu pekerjaan selama 3 bulan sejak Agustus 2024. Hingga 2 bulan pekerjaan, progres fisik pekerjaan jalan produksi Desa Sambiki mencapai 99%.

Ketua kelompok tani Desa Sambiki Maju Efendi Daeng Muntu atas pekerjaan jalan tersebut mengatakan, pekerjaan jalan yang telah dikerjakan tinggal menunggu crosscek dari pihak Dinas pertanian.

Foto Jalan produksi rambat beton desa Sambiki yang telah rampung. (Foto Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)Jalan produksi rambat beton desa Sambiki yang telah rampung. (Foto: Mursal Bahtiar/Ketik.co.id)

"Jalan yang produksi yang dibangun tinggal di crosscek dinas terkait. Tentu kualitas jalan yang kami buat sesuai perencanaan," ucap Efendi Senin, 21 Oktober 2024.

"Dengan jalan ini Alhamdulillah aktivitas perkebunan dan pertanian sudah di pastikan akan lebih lancar," sambung Efendi bersyukur.

Sementara Kepala Desa Sambiki Haerudin Wahid mengungkapkan, kualitas jalan yang dibangun sangat baik. Dia menyampaikan, pembangunan jalan produksi dapat mendongkrak hasil perkebunan masyarakat sekitar.

Haerudin berharap, kedepan masih ada tambahan infrastruktur yang terus masuk ke desa Sambiki.

"Jalan ini sangat membantu masyarakat khususnya masyarakat tani di desa. Sudah tentu akan mendongkrak perekonomian masyarakat. Semoga tahun mendatang tambahan pembangunan infrastruktur dapat terus masuk," harap Kepala Desa. (*)

Tombol Google News

Tags:

halmahera selatan Desa Sambiki OBI Pembangunan Jalan Produksi Suakelola kelompok tani