Pembetonan Jalan Dikebut, Gus Muhdlor Pesan Pengawasan Harus Kuat

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: Marno

4 Juli 2023 00:55 4 Jul 2023 00:55

Thumbnail Pembetonan Jalan Dikebut, Gus Muhdlor Pesan Pengawasan Harus Kuat Watermark Ketik
Alat berat mengeruk bagian tanah untuk penguatan fondasi jalan Desa Damarsih—Banjarsari, Kecamatan Buduran, pada Sabtu (1/7/2023). (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

KETIK, SIDOARJO – Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali memberikan perhatian penting terhadap program pembetonan jalan. Pada Juli hingga Agustus 2023 ini, sembilan ruas jalan mulai dibeton. Baik jalan penghubung antardesa maupun antar-kecamatan.

”Ada lima ruas jalan yang mulai dikerjakan bulan Juli,” katanya pada Senin (3/7/2023).

Kelima ruas jalan itu ialah jalan Desa Banjarsari--Damarsih Kecamatan Buduran; jalan Desa Kwangsan, Kecamatan Sedati; jalan Desa Tropodo, Kecamatan Waru; jalan Desa Tarik—Mliriprowo, Kecamatan Tarik; serta jalan Geluran--Suko Kecamatan Taman,” terang Gus Muhdlor, sapaan Bupati Ahmad Muhdlor.

Adapun empat ruas lainnya mulai dikerjakan pada Agustus mendatang. Masing-masing ruas jalan Krembung--Mojoruntut, Kecamatan Krembung; jalan Desa Banjarpanji, Kecamatan Tanggulangin; dan jalan Desa Tulangan—Durungbedug; Kecamatan Candi; dan jalan Desa Bringinbendo—Tanjungsari, Kecamatan Taman,” tambahnya.

Menurut Gus Muhdlor, tidak hanya betonisasi. Pembetonan jalan juga disertai pelebaran agar lebih leluasa dilewati kendaraan. Di antaranya, ruas jalan Desa Banjarsari--Damarsih Kecamatan Buduran. Jalan sepanjang 1,8 km itu sebelumnya hanya selebar sekitar 3,5 meter. Sekarang dilebarkan menjadi 5 meter.

Hal yang sama dilakukan di ruas jalan Bringinbendo—Tanjungsari, Kecamatan Taman. Jalan itu dilebarkan menjadi 5 meter. Jalan Geluran--Suko dilebarkan 6-7 meter. Kemudian ruas Jalan Krembung--Mojoruntut lebarnya sampai 5-6 meter.

”Pelebaran dilakukan untuk memperlancar arus kendaraan, terutama kendaraan roda empat saat berpapasan,” kata bupati alumnus Fisip Unair Surabaya itu.

Foto Pekerja menggarap konstruksi besi jalan beton ruas Damarsih—Banjarsari, Buduran, yang berdekatan dengan saluran air. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)Pekerja menggarap konstruksi besi jalan beton ruas Damarsih—Banjarsari, Buduran, yang berdekatan dengan saluran air. (Foto: Fathur Roziq/Ketik.co.id)

Dia mendorong percepatan pengerjaan proyek betonisasi sesuai dengan target pekerjaan. Sembilan titik jalan beton itu diharapkan rampung tepat waktu. Selain itu, pengawasan dari Dinas PU Bina Marga dan Sumber Daya Air diperkuat.

”Rampung sesuai target, tapi harus sesuai perencanaan,” tegas Gus Muhdlor yang juga peraih anugerah pemimpin perubahan dan tokoh penggerak pembangunan infrastruktur tersebut.

Kepala Bidang Jalan dan Jembatan Dinas PU Bina Marga dan SDA Pemkab Sidoarjo Rizal Asnan menjelaskan, progres pekerjaan betonisasi di sembilan ruas jalan itu sudah sesuai dengan perencanaan. Di ruas jalan Banjarsari--Damarsih sudah mulai pemasangan batu penahan. Di ruas Tarik-Mlirip mulai dilakukan peninggian pemasangan batu dan peninggian badan jalan.

”Kemudian ruas jalan Tulangan-Durungbedug mulai pemasangan batu. Sambil menunggu kadatangan material U-Ditch,” ujar Rizal.

Menurut dia, sejauh ini tidak ada kendala di lapangan. Namun, dia tetap mengawasi ketat pekerjaan di lapangan. Terutama kualitas yang harus sesuai dengan perencanaan.

”Semua sudah on the track. Pekerjaan kami awasi setiap saat,” tambahnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

INFRASTRUKTUR Jalan Beton Pemkab Sidoarjo Gus Muhdlor Kecamatan Buduran Desa Damarsih Betonisasi