Pemprov Jatim Jalin Kerja Sama dengan Serunai Commerce Malaysia, Pasarkan Produk Pesantren ke Negara-Negara OKI

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: M. Rifat

23 Januari 2024 05:44 23 Jan 2024 05:44

Thumbnail Pemprov Jatim Jalin Kerja Sama dengan Serunai Commerce Malaysia, Pasarkan Produk Pesantren ke Negara-Negara OKI Watermark Ketik
Ketua OPOP Jatim Adhy Karyono menunjukkan produk pesantren ke CEO dan Founder Serunai Commerce Group Amnah Shaari (kiri Kerudung putih), Senin (22/1/2024). (Foto: Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur melalui One Pesantren one product (OPOP) Jatim menjalin kerja sama dengan Serunai Commerce Malaysia. Hal ini untuk memasarkan produk dari perserta OPOP ke kancah dunia terlebih negara-negara islam seperti OKI (Organisasi Kerjasama Islam).

Bentuk kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan kerja sama oleh Ketua OPOP Jatim Adhy Karyono dengan Direktur Serunai Commerce Group Amnah Shaari di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Senin (22/1/2024).

Kerja sama kedua belah pihak ini merupakan tindaklanjut pertemuan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan Islamic Development Bank (IsDB) di Jeddah beberapa waktu lalu.

Ketua OPOP Jatim, Adhy Karyono mengatakan, kerja sama ini dilakukan tak lain untuk membawa produk-produk halal bisa go global dan masuk ke pasar internasional. Khususnya di negara yang masuk dalam Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

"IsDB menunjuk agen utama Serunai Commarce dari Malaysia yang menangani seluruh negara OKI untuk bisa mengakses aplikasi commerce di internasional khususnya negara OKI," kata Adhy, Senin (22/1/2024).

Dengan kerja sama ini, seluruh produk OPOP akan dicek ulang oleh Serunai Commerce yang nantinya akan memberi penilaian produk tersebut bisa mendapat sertifikat halal internasional atau tidak.

Apabila lolos maka produk akan langsung dipasarkan ke negara-negara OKI. "Ini mendorong omzet produk akan naik, tenaga kerja akan naik, ekonomi juga akan bergerak naik dan kesejahteraan Jatim akan naik," ujarnya.

Dengan ini, mantan pejabat Kemensos RI itu mengatakan, ada peluang peningkatan ekonomi Jatim tidak hanya ditopang oleh industri umum namun juga ditopang oleh pondok pesantren.

Sementara itu, CEO dan Founder Serunai Commerce Group Amnah Shaari mengaku senang dengan kerja sama ini karena Jatim memperlihatkan keseriusannya dalam memasarkan produk dalam negeri ke luar negeri.

"Kami bangga hati karena Jatim sangat agresif mau mengantar produknya ke luar negeri. Jadi dengan ekosistem ini kami akan memastikan halalnya benar, halalnya bagus, kualitasnya tinggi untuk disebar ke negara-negara OKI," kata Amnah. (*)

Tombol Google News

Tags:

OPOP Pesantren Serunai Commers Malaysia OPOP Jatim Jawa timur Adhy karyono Pemprov Jatim