Pendeta Gilbert Cium Tangan untuk Minta Maaf, Begini Reaksi Jusuf Kalla

Jurnalis: Siti Fatimah
Editor: M. Rifat

16 April 2024 09:45 16 Apr 2024 09:45

Thumbnail Pendeta Gilbert Cium Tangan untuk Minta Maaf,  Begini Reaksi Jusuf Kalla Watermark Ketik
Pendeta Gilbert (kiri) dan Jusuf Kalla (kanan) (15/4/2024). (Foto: Instagram @pastorgilbertl)

KETIK, JAKARTA – Usai video khotbahnya viral, Pendeta Gilbert Lumoindong datangi kediaman mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Senin (15/4/2024).

Dalam pertemuannya dengan JK tersebut, Pendeta Gilbert meminta maaf sekaligus memberikan klarifikasi terkait khotbahnya.

"Saya meminta maaf atas kegaduhan yang terjadi. Yang pasti saya tidak ada niatan untuk mengolok-olok apalagi menghina, sama sekali tidak," ucap Pendeta Gilbert.

Sebelumnya, Jusuf Kalla mengaku sempat kecewa dan terkejut saat melihat video yang beredar.

"Tentu saja saya terkejut, kecewa juga waktu melihat itu. Karena bagi saya hidup di negeri tercinta ini kita harus saling menghargai satu sama lain," tuturnya.

Meski begitu, melihat ketulusan permintaan maaf dari Pendeta Gilbert, ia mengajak seluruh umat Islam untuk memaafkan Pendeta Gilbert dan menjunjung tinggi toleransi di negeri ini.

"Mari kita memaafkan, karena tadi pendeta Gilbert sudah meminta maaf," ungkap Jusuf Kalla.

Mantan Wakil Presiden RI ke-10 dan ke-12 itu juga mengimbau masyarakat untuk tidak mudah termakan video viral tersebut yang sudah dipotong-potong dan diedit.

Ia mengatakan hidup di negeri tercinta ini harus menghargai satu sama lain, bersikap toleransi apapun agama yang dianut.

"Kita harus tolerasi, saling menghargai. Dalam Islam itu lakum diinukum waliiyadin, agama saya agama saya, agamamu agamamu. Kita saling menghargai tidak saling mengkritik apalagi menghina," terangnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Pendeta Gilbert Klarifikasi pendeta Gilbert Jusuf Kalla Video viral pendeta Gilbert