Penerimaan PBB P-2 Naik 6,84 Persen, Gus Muhdlor Hadiahkan Motor ke Kades Terbaik

Jurnalis: Fathur Roziq
Editor: M. Rifat

7 November 2023 10:30 7 Nov 2023 10:30

Thumbnail Penerimaan PBB P-2 Naik 6,84 Persen, Gus Muhdlor Hadiahkan Motor ke Kades Terbaik Watermark Ketik
Kepala Desa Berbek, Waru, Zainul Abidin menerima penghargaan dari Bupati Sidoarjo atas prestasi sebagai Desa dengan Capaian Penerimaan PBB-P2 terbaik se-Kabupaten Sidoarjo Tahun 2023 Kategori Perkotaan (7/11/2023). (Foto: BPPD Sidoarjo)

KETIK, SIDOARJO – Wajah Zainul Abidin langsung semringah. Kepala Desa Berbek, Kecamatan Waru, itu tidak bisa menyembunyikan kegembiaraannya saat menerima hadiah sepeda motor dari Bupati Sidoarjo Ahmad Muhdlor Ali. Zainul Abidin dinilai berjasa memotivasi warga desanya untuk rajin dan taat bayar pajak bumi dan bangunan (PBB).

Berkat jasa Kades Zainul dan Kades-Kades lain, Badan Pelayanan Pajak Daerah (BPPD) Kabupaten Sidoarjo mampu mencapai target penerimaan PBB tertinggi dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tunggakan tahun-tahun sebelumnya pun lunas.

BPPD Sidoarjo mencatat, pada 16 September 2023, capaian penerimaan PBB-P2 (ketetapan di bawah Rp 2 juta) mencapai Rp 258.021.042.063. Ada  peningkatan sebesar 6,84 persen daripada tahun sebelumnya, Rp 241.499.163.158. Peningkatan tunggakan lampau atas ketetapan di bawah Rp 2.000.000 juga meningkat menjadi  Rp 41.561.040.025. Peran para Kades itu diapresiasi Gus Muhdlor, sapaan Bupati Ahmad Muhdlor.

Gus Muhdlor memberikan hadiah kepada para Kades atau lurah yang aktif membantu pemungutan PBB-P2 di Sidoarjo. Kinerja mereka dinilai bagus di  masing-masing kecamatan.

Desa Keret, Kecamatan Krembung, menjadi desa dengan capaian penerimaan PBB-P2 terbaik se-Kabupaten Sidoarjo untuk kategori pedesaan pada 2023. Untuk kategori perkotaan, Desa Berbek, Kecamatan Waru, menjadi desa dengan capaian penerimaan PBB-P2 Terbaik se-Kabupaten Sidoarjo Tahun 2023.

Desa Keret dan Desa Berbek masing-masing mendapatkan hadiah istimewa dari Bupati Gus Muhdlor. Kepala desa diberi sepeda motor baru. Hadiah motor dan piagam diterima Sekretaris Desa Keret, Krembung, Rusdin Hari Setiawan. Kades Berbek Zainul Abidin juga menerima hadiah yang sama.

Gus Muhdlor menyatakan sangat senang memiliki Kades-Kades yang mau bekerja keras membantu Pemerintah Kabupaten Sidoarjo dalam memotivasi warganya untuk membayar pajak.

”Terima kasih Pak Kades, Pak Lurah. Terima kasih juga untuk masyarakat atas partisipasinya membayar pajak,” kata Gus Muhdlor, Selasa (7/11/2023).

Foto Sekretaris Desa Keret, Krembung, Rusdin Hari Setiawan, menerima penghargaan dari Bupati Sidoarjo sebagai Desa dengan Capaian Penerimaan PBB-P2 Terbaik se-Kabupaten Sidoarjo Tahun 2023 Kategori Perdesaan.  (Foto: BPPD Sidoarjo)Sekretaris Desa Keret, Krembung, Rusdin Hari Setiawan, menerima penghargaan dari Bupati Sidoarjo sebagai Desa dengan Capaian Penerimaan PBB-P2 Terbaik se-Kabupaten Sidoarjo Tahun 2023 Kategori Perdesaan. (Foto: BPPD Sidoarjo)

Pajak yang diperoleh Pemkab Sidoarjo akan menjadi modal untuk melaksanakan berbagai program pembangunan agar lebih masif di Kabupaten Sidoarjo. Masyarakat akan merasakan manfaatnya. Sidoarjo bisa lebih baik lagi dengan beragam pembangunan di berbagai sektor.

Kades Berbek, Kecamatan Waru, Zainul Abidin dan Sekdes Keret, Kecamatan Krembung, Rusdin Hari Setiawan pun berterima kasih. Mereka senang dapat hadiah motor dari Bupati Gus Muhdlor.

Ber”Terima kasih Pak Bupati. Juga terima kasih buat Pak Ari,” kata Kades Zainul.

Kepala BPPD Sidoarjo Ari Suryono menambahkan, perolehan penerimaan pajak pada 2023 ini masih dapat dioptimalkan lagi sampai akhir tahun mendatang. Peningkatan animo masyarakat untuk melunasi pajak ini sangat bagus bagi Kabupaten Sidoarjo.

Kesadaran masyarakat membayar pajak menjadi faktor utama peningkatan penerimaan PBB-P2. Selain itu, upaya-upaya koordinasi yang intensif oleh desa dan kecamatan serta inovasi BPPD Sidoarjo.

”Peran aktif para stakeholder juga sangat besar dan kami hargai,” tambah Ari.

Desa Keret, Kecamatan Krembung; dan Desa Berbek, Kecamatan Waru, menjadi dua desa dengan capaian terbaik PBB-P2 se-Kabupaten Sidoarjo. Di samping itu, ada desa yang masing-masing mendapatkan penghargaan terbaik di tingkat kecamatan.

Desa-desa itu adalah Desa Kebakalan, Kecamatan Porong; Desa Tenggulunan, Kecamatan Candi; Desa Gedangrowo, Kecamatan Prambon; Desa Watugolong, Kecamatan Krian; serta Desa Jiken, Kecamatan Tulangan; Desa Jemundo; Kecamatan Taman; Desa Keboananom, Kecamatan Gedangan.

Selain itu, Desa Semambung, Kecamatan Wonoayu; Desa Swaluh, Kecamatan Balongbendo; Desa Pranti, Kecamatan Sedati; Desa Dukuhsari, Kecamatan Jabon; Desa Sidokepung, Kecamatan Buduran; Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo; Desa Sukodono, Kecamatan Sukodono; Desa Kalitengah, Kecamatan Tanggulangin; serta Desa Kemuning, Kecamatan Tarik. (*)

Tombol Google News

Tags:

Gus Muhdlor Bupati Muhdlor BPPD Sidoarjo PBB Pajak Bumi dan Bangunan Kabupaten Sidoarjo