Pengurus KONI Kabupaten Bandung Dilantik, Ini Harapan Ketua KONI Jabar

Jurnalis: Akhmad Sugriwa
Editor: M. Rifat

11 Maret 2023 07:23 11 Mar 2023 07:23

Thumbnail Pengurus KONI Kabupaten Bandung Dilantik, Ini Harapan Ketua KONI Jabar Watermark Ketik
Ketua KONI Jabar Budiana menyerahkan pataka kepada Ketua KONI Kab Bandung Yana Suryana saat pelantikan pengurus KONI Kab Bandung masa bakti 2023-2027 di Gedung M Toha Soreang, Sabtu (11/3/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

KETIK, BANDUNG – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Jawa Barat, M Budiana mengatakan, KONI Kabupaten Bandung harus bisa merealiasikan target untuk menjadi urutan tiga besar di ajang Pekan Olahraga Provinsi Jawa Barat (Porprov Jabar) ke XV pada 2026 mendatang.

Budiana juga berharap KONI Kabupaten Bandung tetap dapat menyumbangkan kontribusinya untuk mengisi kontingen atlet Jawa Barat di even-event olahraga nasional maupun internasional.

"Dari dulu kontribusi atlet Kabupaten Bandung untuk Jawa Barat itu luar biasa. Selalu di kisaran 100-an atlet unggulan yang berpotensi peraih medali emas, selalu turut mewarnai kekuatan atlet Jawa Barat maupun nasional," ungkap Budiana, seusai melantik pengurus KONI Kabupaten Bandung di Gedun Moch Toha, Soreang, Sabtu (11/3/2023).

Karena itu pihaknya sangat berharap di bawah kepemimpinan Yana Suryana sebagai Ketua KONI Kabupaten Bandung yang baru, bisa melanjutkan prestasi yang telah ditorehkanketua sebelumnya Herda M Gani.

"Kalau bisa prestasi itu ditingkatkan. Tolak ukurnya di Porprov Jabar kemarin Kabupaten Bandung di peringkat kelima, jadi di Porprov XV tahun 2026 harus bisa di peringkat tiga besar," ucapnya.

Sebanyak 100 pengurus KONI Kabupaten Bandung masa bakti 2023-2027 dilantik Ketua KONI Jabar M Budiana. Acara itu disaksikan Bupati Bandung Dadang Supriata dan Muspida lainnya, termasuk Kepala Dinas Pemuda dan Olaharaga Kabupaten Bandung.

"Setelah dilantik, agenda kami selanjutnya adalah mengejar target tiga besar di Porprov Jabar 2026. Kami pun telah membentuk Korwil dalam kepengurusan, yang tugas dan tanggung jawabnya untuk menggali potensi atlet di pelosok daerah yang berpotensi, namun belum terangkat. Semoga segala upaya dan ikhtiar kita, senantiasa mendapat Ridho Alloh SWT," ucap Ketua Umum KONI Kabupaten Bandung Yana Suryana.

Foto Ketua KONI Jabar Budiana melantik pengurus KONI Kab Bandung masa bakti 2023-2027 di Gedung  M Toha Soreang, Sabtu (11/3/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)Ketua KONI Jabar Budiana melantik pengurus KONI Kab Bandung masa bakti 2023-2027 di Gedung M Toha Soreang, Sabtu (11/3/23). (Foto: Iwa/Ketik.co.id)

Sementara itu, Bupati Bandung Dadang Supriatna berpesan, setelah dilantiknya pengurus KONI Kabupaten Bandung untuk langsung bekerja mengejar target, jangan kemudian malah berleha-leha.

Bupati Bandung menyatakan, KONI Kabupaten Bandung harus konsisten dalam targetnya untuk menjadi tiga besar di Porporv Jabar 2026, dengan cara memapping program kerja dari sekarang dan target raihan prestasi.

"Ketua dan pengurus harus bisa menciptakan program kerja dan bekerja keras untuk mencapai prestasi yang ditarget," kata Dadang Supriatna.

KONI pun harus mampu menciptakan planning sebagai langkah upaya untuk meraih prestasi yang menjadi target.

"Jadi, KONI itu harus konsisten dan fokus pada tugas dan fungsinya. Boleh menargetkan 100 medali, tapi harus ada planning dan ikhtiar atau upaya," tandasnya.

Seperti apa upayanya, menurut Dadang, salah satunya bisa dengan menambah jumlah cabang olahraga di bawah naungan KONI. "Karena kepengurusan saat ini ada 100 orang, manfaatkan dan fungsikan," tegasnya.

Oleh karena itu, Kang DS berharap KONI bisa kompak dan konsisten melaksanakan program kerja dan selalu berkomunikasi dan koordinasi dengan seluruh OPD.

"Kekompakan dan konsisten dalam melaksanakan program kerja sesuai tupoksi, saya optimis KONI Kabupaten Bandung bisa meraih cita cita prestasi yang menjadi targetnya," kata dia.

Adapun langkah pemerintah, tambah Kang DS, akan selalu mensupport anggaran apabila program kerja jelas sesuai dengan tupoksinya KONI.

"Pasti, pemerintah bahkan seluruh OPD pasti men-support. Contoh kemenangan Porprov 2022 kemarin, ada peran serta OPD hingga camat, sehingga target lima besar di Porprov pun bisa tercapai," tutur Bupati Bandung.(*)

Tombol Google News

Tags:

koni KONI JABAR KONI KABUPATEN BANDUNG