Penting! Ini Cara Meringankan Sakit Asam Urat pada Kaki

Jurnalis: Husni Habib
Editor: M. Rifat

19 April 2024 05:05 19 Apr 2024 05:05

Thumbnail Penting! Ini Cara Meringankan Sakit Asam Urat pada Kaki Watermark Ketik
Ilustrasi rasa sakit pada kaki akibat asam urat. (Foto: Pexels)

KETIK, JAKARTA – Asam urat merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita orang dewasa, terutama yang lanjut usia. Penyakit ini cukup menyakitkan karena bisa muncul tiba-tiba dan mengganggu aktivitas.

Asam urat sendiri disebabkan oleh kandungan kimia di berbagai bahan makanan yang kita konsumsi. Bahan kimia ini akan membentuk sesuatu yang disebut asam urat.

Ketika tubuh kelebihan kadar asam urat dalam darah, maka menghasilkan bentuk radang sendi yang disebut asam urat.

Dilansir dari Great Lakes Foot and Angkle Institute, Kamis (18/04/2024), area yang biasanya terserang asam urat adalah bagian persendian pada kaki, terutama di area jempol.

Akan tetapi, walaupun menyakitkan bukan berarti asam urat tidak bisa diminimalisir gejalanya. Ada beberapa langkah yang dapat dilakukan di rumah untuk membantu meringankan rasa sakit asam urat, mendorong fungsi ginjal, dan menurunkan kadar asam urat, diantaranya:

1. Tingkatkan asupan cairan dalam tubuh, terutama air putih.

2. Jangan menahan keinginan untuk buang air kecil.

3. Istirahat, angkat, dan kompres dengan es persendian yang sakit.

4. Konsumsi obat nyeri anti-inflamasi seperti ibuprofen atau naproxen.

5. Gunakan rendaman garam epsom.

6. Minum obat yang diresepkan untuk menurunkan kadar asam urat.

7. Konsumsi makanan dan suplemen yang menurunkan asam urat, seperti magnesium, ceri asam, jahe, dan seledri.

8. Jauhi alkohol, kerang, dan daging merah, yang menyebabkan tubuh membuat asam urat.

Rasa sakit akibat asam urat biasanya akan berlangsung sepanjang 5 hingga 10 hari. Dan mencapai puncaknya pada hari ke-2 hingga ke-3.

Oleh sebab itu, penting untuk meminimalisir rasa sakit sedini mungkin dengan melakukan pemeriksaan lebih lanjut.(*)

Tags:

kesehatan asam urat Rasa Sakit Pencegahan Persendian kaki