Penunjukan Pj Bupati Simeulue, Tokoh Masyarakat Minta Harus dari Luar Daerah

Jurnalis: Helman Gusti Fandaya
Editor: M. Rifat

13 Juni 2024 02:43 13 Jun 2024 02:43

Thumbnail Penunjukan Pj Bupati Simeulue, Tokoh Masyarakat Minta Harus dari Luar Daerah Watermark Ketik
Tokoh Masyarakat Simeulue Agam Becu (Foto: Dok. Pribadi)

KETIK, SIMEULUE – Sejumlah tokoh digadang-gadangkan sebagai calon Penjabat (Pj) Bupati Simeulue menggantikan Bupati Simeulue defitif yang masa jabatannya berakhir 20 Juli 2024 mendatang.

Tokoh Masyarakat Simeulue, Agam Becu, atau sering dikenal dengan panggilan Abec berharap pemerintah pusat dalam hal ini Kemendagri menujuk Pj Bupati Simeulue pengganti Ahmadlyah S.H bukan putra asli daerah Simeulue.

Menurut Agam Becu, Pj Bupati Simeulue harus orang luar Simeulue. Itu karena saat ini telah memasuki tahun politik yaitu Pilkada.

Dia menyebut Pj Bupati dari luar Simeulue akan bisa netral menghindarkan keberpihakkan pejabat daerah ke salah satu kandidat cabup/wacabup. Menurutnya, kemungkinan itu sangat bisa terjadi karena keterkaitan persaudaraan.

“Kami mendorong agar Kemendagri menetapkan Penjabat Bupati Simeulue dari luar daerah untuk menjaga kenetralan dalam menghadapi Pilkada November mendatang." terang Agam Becu kepada Jurnalis Ketik.co.id Rabu (12/6/2024). 

Meskipun, saat ini DPRK Simeulue juga telah mengusulkan tiga nama calon pejabat Bupati Simeulue yang merupakan putra terbaik Simeulue. 

"Intinya kami meminta Bapak Presiden Joko Widodo dan Menteri Dalam Negeri Bapak Tito Karnavian untuk menetapkan Pejabat Bupati Simeulue yang bukan dari Putra daerah," tegasnya. (*)

Tombol Google News

Tags:

Mendagri PJ Bupati Simeulue agam becu