Perahu Karam Diterjang Ombak, Tiga Nelayan Situbondo Selamat

Jurnalis: Adinda Octaviani
Editor: Gumilang

10 Maret 2024 06:00 10 Mar 2024 06:00

Headline

Thumbnail Perahu Karam Diterjang Ombak, Tiga Nelayan Situbondo Selamat Watermark Ketik
Anggota Satpolairud Polres Situbondo saat mengevakuasi perahu nelayan yang diterjang ombak (09/03/2024) (Foto : Adinda Octaviani / ketik.co.id)

KETIK, SITUBONDO – Akibat diterjang ombak di perairan Kalbut  Situbondo, perahu nelayan terbalik dan karam. Beruntung, dalam insiden tersebut tiga nelayan selamat, Sabtu (9/3/2024). Lokasi karamnya perahu nelayan tersebut, tepatnya berada di koordinat 07° 37' 25'' LS - 114° 0'  51'' BT.

Identitas tiga nelayan yang selamat itu, yakni Asmojo (60), Busali (55) Nahnoda, dan Sadun (55). Ketiganya nelayan asal Dusun Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo. Mendengar kabar ada perahu nelayan karam akibat di hantam ombak, petugas Satpolairud Polres Situbondo yang dipimpin oleh Kasat Polairud langsung mendatangi lokasi.

Sesampanya di lokasi, untuk kemudian petugas melaukan evakuasi yang dibantu oleh masyarakat Pesisir Dusun Kaliasin, Desa Tanjung Pecinan, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo. “Ketiga nelayan itu dapat dievakuasi dan di bawa menuju rumahnya masing-masing dalam keadaan selamat dan sehat. Sedangkan, nelayan atas nama Sadun dibawa ke Puskesmas Mangaran untuk dilakukan penanganan medis,” ujar Kasat Polairud Polres Situbondo.

Saat di evakuasi, kata AKP Gede, Sadun muntah-muntah yang dimungkinkan banyak minum air laut, sehingga butuh penanganan medis. “Setelah, mendapat penanganan medis, Sadun diperbolehkan pulang oleh pihak Puskesmas,” jelas AKP. Gede Sukarmadiyasa. Lebih lanjut, AKP. Gede Sukarmadiyasa menjelaskan, pada pukul 05.00 WIB pagi tadi, ketiga korban berangkat melaut di perairan Situbondo menggunakan perahu kayu yang dinakhodai Busali.

“Saat akan kembali pulang sekitar jarak 700 meter dari bibir pantai, perahu tersebut dihantam ombak dari sisi kanan yang mengakibatkan perahu tersebut terbalik dan karam. Pada saat kejadian, kondisi cuaca di lokasi hujan disertai angin kencang dan ombak tinggi,” jelasnya.

Dalam inseden ini, sambung AKP. Gede Sukarmadiyasa, tidak ada korban jiwa, yang ada kerugian perahu dan alat tangkap ikan ditafsir Rp. 20.000.000. “Saat ini, kondisi para nelayan tersebut sehat semua,” tuturnya. (*)

Tags:

Satpolairud Polres Situbondo Evakuasi Perahu Nelayan Diterjang Ombak Karam Polres Situbondo Berita Situbondo Situbondo Terkini Situbondo Hari Ini