Peringatan Hari Kartini Menurut Advokat Ganing Pratiwi

Jurnalis: Fajar Rianto
Editor: Mustopa

21 April 2024 06:29 21 Apr 2024 06:29

Thumbnail Peringatan Hari Kartini Menurut Advokat Ganing Pratiwi Watermark Ketik
Advokat Ganing Pratiwi sering mengenakan pakaian daerah dalam berbagai kegiatan ceremony. (Foto: Dok Ganing Pratiwi for Ketik.co.id)

KETIK, YOGYAKARTA – Siapa yang tidak kenal dengan sosok RA Kartini? puteri bangsawan nan ayu jelita yang begitu dipuja oleh kaum hawa di Indonesia. Buah pikir RA Kartini mampu menarik banyak perhatian masyarakat kala itu tanpa kecuali bangsa Belanda.

Mereka tertarik terhadap surat-surat yang ditujukan pada orang Eropa yang ternyata merupakan hasil pemikiran wanita pribumi asli Jepara. Berkat RA Kartini, wanita di Indonesia bisa merasakan kesamaan derajat dengan pria.

Begitulah yang disampaikan Ganing Pratiwi, SH, MH, CLA salah satu advokat yang mulai berkibar namanya di Yogyakarta. Bagi Ganing, Peringatan Hari Kartini juga memiliki arti tersendiri.

Selain mengucapkan selamat Hari Kartini
bagi seluruh Kartini Muda Indonesia, advokat yang tergabung di Duke Arie & Associates ini juga mengungkapkan bahwa sosok RA Kartini lahir untuk memperjuangan para perempuan Indonesia agar dapat mengenyam pendidikan yang sama dengan para laki-laki.

"Berkat jasa beliaulah, saat ini kita dapat merasakan wanginya ilmu pengetahuan dan kesetaraan gender," ungkapnya.

Namun, Ganing panggilan akrabnya mengingatkan bahwa perjalanan Kartini belum usai.

"Kita para perempuan Indonesia  masih terus perjuang menjadi perempuan-perempuan tangguh untuk bangsa ini," pesan Ganing.

Gadis berusia 29 tahun ini kembali menyampaikan karena Kartini lah wanita Indonesia layak diperhitungkan. Apa yang RA Kartini lakukan telah membuka lebar pintu emansipasi. Sehingga wanita tidak hanya berputar di sumur, kasur dan dapur.

Meski begitu, ia juga menyampaikan pesan bagi para Kartini muda untuk terus semangat berkarya, menimba ilmu, dan membagikan ilmu kepada orang lain, yang belum tentu memiliki kesempatan yang sama.

Serta mengingatkan, bahwa pendidikan bagi wanita tidak semata-mata menyangkut akal, tetapi wajib mengutamakan adab dan memperhatikan sikap.(*)

Tombol Google News

Tags:

Hari Kartini 21 April pahlawan nasional Sosok Advokat wanita perempuan Kaum Bangsawan Ganing Pratiwi Yogyakarta