Peringatan HUT ke 78 TNI, Panglima TNI Tekankan Keamanan di Pemilu 2024

Jurnalis: Moch Khaesar
Editor: Mustopa

5 Oktober 2023 07:13 5 Okt 2023 07:13

Thumbnail Peringatan HUT ke 78 TNI, Panglima TNI Tekankan Keamanan di Pemilu 2024 Watermark Ketik
Wakil Gubernur Jatim Emil E Dardak ikut memeriahkan peringatan hari TNI, Kamis (5/10/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 TNI diramaikan dengan parade pasukan hingga alutsista, di Dermaga Ujung Koarmada, Kamis (5/10/2023). Parade prajurit dari tiga matra yakni TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara terlihat kompak menampilkan defile pasukan.

Tidak hanya itu, elemen Komponen Cadangan (Komcad), Satpol PP, resimen mahasiswa serta unsur polri juga ikut ambil bagian.
Foto Devile alutsista ikut meramaikan HUT ke 78 TNI, Kamis (5/10/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)Devile alutsista ikut meramaikan HUT ke 78 TNI, Kamis (5/10/2023). (Foto : M.Khaesar/Ketik.co.id)


Pangdam V/Brawijaya Mayjen TNI Farid Makruf selaku Dankogartap III/Surabaya bertindak sebagai Inspektur Upacara. Ia menyampaikan amanat dari Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono dengan memperhatikan pentingnya kelancaran pemilihan umum serentak 2024.

"Prajurit TNI dituntut untuk peka dalam dinamika yang ada. Pemilu serentak,dilaksanakan untuk pemilihan presiden dan wakilnya l, anggota legslitif serta pilkada di 548 daerah, pada 38 Provinsi, 415 Kabupaten dan 98 Kotamadya," ungkap Mayjen TNI Farid Makruf membacakan amanat Panglima TNI, Kamis (5/10/2023).

Hal sama disampaikan Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II) Laksda TNI Yayan Sofiyan, sebagai patriot pengawal demokorasi, TNI siap mengawal Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sinergi yang terjalin antara TNI-Polri menjadi langkah nyata mewujudkan itu.

"Sesuai dengan amanat Panglima TNI bahwa TNI merupakan patriot NKRI pengawal demokrasi menuju Indonesia Maju. Senergisitas TNI-POLRI di tahun politik tentunya sebagai pengawal demkorasiz sehingga pesta demokrasi yang akan datang terlaksana dengan baik, tertib aman dan lancar," terangnya.

Sebelumnya, telah dilaksanakan pula berbagai kegiatan dalam rangka HUT ke-78 TNI, di antaranya donor darah bekerja sama dengan PMI Surabaya, bakti sosial (baksos), ziarah ke Makam Presiden Pertama RI Ir. Soekarno di Blitar, ziarah ke makam Presiden Ke-4 RI KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang, dan Ziarah di Taman Makam Pahlawan Sepuluh November Mayjen Sungkono. (*)

Tombol Google News

Tags:

Hari TNI HUT 78 TNI TNI TNI AL TNI AD TNI AU