Peringati Hari Guru Nasional, Khofifah Berpesan Para Guru Untuk Terus Berinovasi

Jurnalis: Husni Habib
Editor: Naufal Ardiansyah

25 November 2023 09:28 25 Nov 2023 09:28

Thumbnail Peringati Hari Guru Nasional, Khofifah Berpesan Para Guru Untuk Terus Berinovasi Watermark Ketik
Gubernur Khofifah berfoto bersama siswa berprestasi asal Jawa Timur. (Foto: Husni Habib/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengingatkan bahwa peran guru sangat penting dalam membangun dan mendidik generasi Indonesia yang unggul dan mampu bersaing di kanch internasional. Hal ini disampaikan dalam memperingati Hari Guru Nasional yang jatuh setiap tanggal 25 November.

Selain itu juga dalam menyongsong Indonesia emas 2045, Khofifah menyebut bahwa keberadaan guru sangat penting dalam pembentukan karakter peserta didik. Terutama dalam membentuk pribadi anak yang berintegritas, berakhlak mulia, dan berjiwa Pancasila.

Gubernur Khofifah mengatakan guru memegang peranan penting agar anak-anak Indonesia tumbuh memiliki kreativitas tinggi, kedalaman ilmu, penuh dengan inovasi, dan berkarakter atau berbudi pekerti luhur. Oleh sebab itu untuk menjawab kebutuhan tersebut seorang guru harus senantiasa belajar meningkatkan kompetensi dan inovasi agar ilmu yang diajarkan sesuai dengan perkembangan jaman.

"Para guru di Indonesia saat ini ibarat motor penggerak yang akan menentukan ke arah mana kemudi akan bergerak dan melaju," jelas Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Sabtu (25/11/2023).

Lebih lanjut saat ini guru bukan hanya sebagai seorang pengajar, tetapi juga role model atau contoh bagi para muridnya. Guru harus mampu beradaptasi dengan perkembangan teknologi dan jaman yang semakin maju. Hal ini sangat penting agar generasi muda memiliki ilmu yang sejalan dengan tantangan jaman yang dihadapi.

"Perkembangan teknologi digital mendorong guru terus beradaptasi dengan berbagai proses pembelajaran, mengembangkan inovasi dan kreatifitas guna menghadapi tantangan yang dinamis," tambah Khofifah.

Di peringatan Hari Guru Nasional kali ini, Gubernur Khofifah pun mengapresiasi dan menyampaikan terima kasih atas dedikasi para guru yang telah mencerdaskan putra-putri Jawa Timur. Berkat dedikasi mereka, Jawa Timur selama 4 tahun berturut-turut sejak tahun 2020-2023 menempati peringkat pertama siswa terbanyak yang diterima di PTN tanpa tes melalui SNMPTN.

Selain itu, Jatim berturut-turut selama empat tahun sejak 2020-2023 peringkat pertama siswa terbanyak yang diterima PTN dengan tes lewat jalur SBMPTN.

“Terima kasih yang tak terhingga, sedalam-dalamnya, dan setinggi-tingginya kepada para guru yang ada di Jawa Timur baik di sekolah negeri maupun di sekolah swasta.," pungkasnya.(*)

Tombol Google News

Tags:

Pendidikan Hari Guru Nasional Pelajar Indonesia Emas 2045 generasi muda Inovasi Gubernur Khofifah