Periode 2024, KAI Daop 8 Surabaya Berhasil Layani 5,8 Juta Pelanggan

Jurnalis: Shinta Miranda
Editor: Aziz Mahrizal

12 Januari 2025 18:41 12 Jan 2025 18:41

Thumbnail Periode 2024, KAI Daop 8 Surabaya Berhasil Layani 5,8 Juta Pelanggan Watermark Ketik
Suasana di Stasiun Gubeng Surabaya saat periode Libur Nataru. (Foto: Shinta Miranda/Ketik.co.id)

KETIK, SURABAYA – Selama periode dari Januari hingga Desember 2024, PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 8 (Daop) 8 Surabaya melayani sejumlah 5.864.312 pelanggan.

Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif mengungkapkan, untuk penumpang kereta api jarak jauh pada tahun 2024 mengalami peningkatan 6,9% dibandingkan dengan tahun 2023.

Selama priode kurun waktu 3 tahun terakhir dari tahun 2022 sampai dengan tahun 2024 KAI Daop 8 Surabaya juga terus mengalami pertumbuhan.

"KAI Daop 8 Surabaya mencatat pada tahun 2022 melayani penumpang sebanyak 4.150.266, tahun 2023 sebanyak 5.482.291, dan pada tahun 2024 ini sebanyak 5.864.312 penumpang," terangnya melalui keterangan tertulis pada Minggu 12 Januari 2025.

Luqman menambahkan adanya peningkatan kebiasaan masyarakat dalam menggunakan kereta api didorong oleh semakin tingginya kesadaran akan manfaat kereta api sebagai moda transportasi yang lebih ramah lingkungan dan efisien.

Menurutnya, semakin banyak orang yang memilih kereta api karena merasa bahwa kereta api memberikan kontribusi positif bagi keberlanjutan lingkungan, sekaligus memberikan kenyamanan dan kemudahan, serta ketepatan waktu dalam perjalanan.

"Mengenai ketepatan waktu perjalan KA, KAI Daop 8 Surabaya juga terus berupaya meningkatkan keandalan prasarana dengan fokus pada bahan yang lebih ramah lingkungan, seperti penggantian bantalan kayu dengan bantalan sintetis yang lebih tahan lama yang juga mendukung on time performance lebih optimal,” terang Luqman.

Untuk on time performance menjadi salah satu faktor utama yang membuat penumpang memilih kereta api sebagai moda transportasi.

Oleh karena itu, KAI Daop 8 Surabaya terus berusaha untuk memastikan layanan perjalanan kereta api dapat melayani masyarakat dengan selamat, cepat, tepat waktu, serta nyaman.

Luqman merinci KAI Daop 8 mencatat On Time Performance (OTP) yang mengukur ketepatan keberangkatan dan kedatangan kereta api selama 2024 juga mengalami peningkatan pada keberangkatan.

"Pada Januari hingga Desember 2024 on time performance keberangkatan kereta api penumpang mencapai rata-rata 99,10 persen atau meningkat dibanding tahun 2023 yaitu 99 persen," rincinya.

Luqman membandingkan di tahun 2024,  OTP kedatangan pada 88 persen sama dengan perolehan pada tahun 2023 yaitu 88 persen.

Sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan setia, KAI Daop 8 akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang lebih baik melalui berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas pada tahun 2025.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pelanggan atas kepercayaan yang terus diberikan untuk menggunakan layanan kereta api," pungkas Manager Humas Daop 8 Surabaya Luqman Arif.

KAI Daop 8 Surabaya akan terus berupaya untuk memberikan pengalaman perjalanan yang lebih baik dengan berbagai inovasi dan peningkatan fasilitas, serta berupaya tepat waktu sampai tujuan untuk kepuasan pelanggan.(*)

Tombol Google News

Tags:

Daop 8 Surabaya Kereta Api pelanggan Luqman Arif penumpang KA KAI KaI Daop 8 Surabaya